Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Mengenal Aneka Kue Betawi

Diperbarui: 2 Maret 2018   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kue Betawi (Sumber: Devianti)

Jakarta, sebagai kota metropolitan banyak dihuni multi etnis baik para pengadu nasib di ibu kota maupun yang kuliah di perguruan tinggi. Mereka mungkin baru enam bulan tinggal di Jakarta, tapi mungkin ada yang sudah puluhan tahun.

Warga Betawi adalah warga lokal yang pertama kali berdomisili di Jakarta, semenjak bernama Sunda Kelapa saat dikuasai kerajaan Sunda, Jayakarta, Djajakarta atau Jacatra saat dikuasai kerajaan Banten. Setelah masuknya Belanda berubah nama menjadi Batavia, lalu Djakarta saat penjajahan Jepang dan kini menjadi Jakarta.

Sebagian orang yang tinggal di Jakarta mungkin hanya mengenal kuliner Betawi yang terkenal seperti Soto Betawi, Gado-gado, Ketoprak, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Kerak Telor, Semur Jengkol, Sayur Babanci, Tape Uli, dan lain-lain.

Kali ini penulis akan mengajak pembaca untuk mengenal aneka kue Betawi. Diantaranya Putu Mayang, Kue Rangi, Kue Pancong, Kue Cucur, Kue Talam, Kue Bugis, dan lain-lain.

Putu Mayang (Sumber: Lia Yuniar)

1. Putu Mayang

Kue tradisional ini terbuat dari bahan tepung beras yang diolah dengan santan, diberi warna putih, hijau dan merah muda.  Cara penyajiannya dengan menyiramkan gula merah ke atasnya atau dengan parutan kelapa.

2. Kue Rangi

Kue tradisional ini menggunakan bahan tepung beras putih yang ditumbuk halus, lalu dibuat adonan dan dipanggang pada besi cetakan dengan nyala api kecil. Setelah matang disajikan dengan menambahkan gula merah.

3. Kue Pancong

Hampir identik dengan Kue Rangi hanya cara penyajiannya yang agak berbeda, yakni dengan menaburkan gula pasir di atasnya. Pada toko kue kekinian ada yang memodifikasi dengan menaburkan keju atau coklat meisjes.

4. Kue Cucur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline