Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

Betawi Arab Fusion, Berani Coba?

Diperbarui: 20 Juni 2016   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tampilang depan Resto Kembang Goyang (Dok.Pri)

Icip-icip ini berawal dari tantangan teman saya yang menjadi Public Relation Manager di Discovery Hotel Ancol. Apakah saya sudah pernah mencoba Bataviarabic (Betawi Arab Fusion)? Sebagai penggemar kuliner, tentunya tantangan ini tidak disia-siakan, penasaran sekali seperti apa fusi yang terjadi.

Discovery Hotel Ancol adalah hotel dengan sentuhan Betawi yang kental, nama rumah makannya, Kembang Goyang juga diambil dari nama salah satu kuliner khas Betawi yang sudah sulit dijumpai.

Sore itu menjelang jam buka puasa, saya memasuki rumah makan Kembang Goyang yang telah disulap bertemakan Betawi - Arab, di pintu masuk rumah makan terdapat pajangan karpet, shisha bersama tempat minum khas Betawi, sangat cocok bagi yang senang ber-selfie.

Roti Buaya (Dok. Pri)

Di bagian depan terpajang roti buaya kuliner khas Betawi yang masih sering kita dapati pada upacara perkawinan adat Betawi. Setelah memilih tempat duduk, saya mulai mengeksplorasi kuliner yang disediakan.

Pertama kali saya menikmati yang manis, menselaraskan dengan teman-teman yang sedang berbuka puasa, tersedia dua macam takjil berupa kolak ubi-pisang dan bubur kacang hijau yang hangat.

Pilihan lalu bergeser ke soup berupa Soto Betawi dengan dagingnya yang lembut dan gurih. Soto Betawi disajikan bersama sambal, kecap, jeruk nipis dan emping. Pada meja appetizer tersedia ketoprak dan salad. Tapi saya lebih tertarik pada

Middle East Corner yang menyajikan makanan pembuka:  hummus, arabic bread, babaganoush, labneh, fatous salad, dan shawarma chicken.

Hummus tergolong meze atau starter asal Mesir, berupa kacang buncis dicampur tahini dan minyak olive, jus jeruk, garam dan bawang, disajikan dalam keadaan hangat.

Babaganoush berupa sepiring hidangan meze atau pembuka dari terong (eggplant) yang dipanggang atau direbus, yang dimasak dengan bawang, tomat, minyal olive dan aneka bumbu. Terong dipanggang atau direbus hingga lembut dan memiliki rasa smoky. Lazim disantap bersama roti pita.

Labneh, krim keju dengan yoghurt merupakan kuliner khas Libanon.

labneh-5767637ada9373cc1564b1d6.jpg

Fatous salad, merupakan salad dengan campuran tomat, bawang, mentimun, lada, roti pita goreng, basil pesto dan mozarella segar, berasal dari Libanon.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline