Lihat ke Halaman Asli

Sutiono Gunadi

TERVERIFIKASI

Blogger

{Review Film: "Senior"} : Berani Pacaran dengan Hantu ?

Diperbarui: 11 Januari 2016   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Thailand Terbaru Senior (Runpee) merupakan sebuah kisah misterius di suatu sekolah, ada seorang siswi yang memiliki kemampuan indra keenam bernama Adhiti. Tokoh Adhiti  diperankan oleh Jannine Weigel, seorang siswi Asrama Susteran yang duduk di kelas 12. Adhiti selalu memimpikan hal-hal menakutkan tentang sekolahan tersebut, bersikap aneh sehingga teman-temannya sering menganggapnya wanita aneh. Adhiti mampu melihat sesuatu yang tak bisa dilihat teman-temannya, melalui penciuman, bukan melalui penglihatan atau penampakan.‬

Suatu saat Adhiti yang biasa disapa Mon, dimintai tolong seorang pria dari  dunia lain. Roh itu adalah seorang murid sekolah bisnis yang sebelumnya menempati  sekolah Susteran tersebut. Semula Adhiti terus menolak, namun roh laki-laki itu terus mengikutinya. Sehingga akhirnya Adhiti bersedia bekerja sama.

Keduanya lalu menjadi sepasang detektif dari dua dimensi yang berbeda bersatu untuk memecahkan sebuah kasus pembunuhan yang terjadi setengah abad lalu. Adhiti dan Senior  memulai penyelidikan untuk mencari pembunuh yang sesungguhnya, yang belum terungkap.

Mereka mengumpulkan bukti dan mencari saksi, dan dalam proses tersebut, mereka bertemu dengan pria, wanita, dan juga roh yang menaruh dendam yang berusaha menghentikan upaya mereka untuk menemukan kebenaran.

Genre multi platform

Film ini mencampurkan tiga platform film, yakni horor, drama percintaan dan detektif.

Ada unsur horor karena pemeran utamanya seorang hantu pria yang dipanggil Senior (diperankan oleh Pongsakorn Tosuwan),  sedangkan tokoh sentral Adhiti mampu mengendus kejadian masa silam dan berkomunikasi dengan hantu, lalu juga ada hantu tukang kebun istana yang selalu penasaran karena merasa tidak bersalah dan harus di hukum mati, sehingga selalu minta tolong agar ada yang membantunya mengungkapkan kisah sebenarnya, ada teman Adhiti bernama Ant (Kaykai Nutticha) yang mati bunuh diri lalu menghantui pacar yang mengkhianatinya, adanya satu sisi tembok sekolah Susteran yang selalu mengeluarkan suara minta tolong,  serta sekelompok hantu yang berupaya menggagalkan upaya pencarian ini.

Unsur drama percintaan, karena mengungkap kisah cinta Ant dan guru kimianya, dokter istana dengan putri raja, pengacara istana dengan sekretaris putri raja, Adhiti yang ditaksir dokter muda (diperankan DJ We Rawerooj) yang merawat ibunya, serta Adhiti dan Senior.

Sedangkan unsur detektif, karena Adhiti dan Senior berupaya mengungkap misteri pembunuhan di masa lalu.

Awal kisah

Rupanya gedung Sekolah Susteran itu pada mulanya adalah istana kerajaan, yang didalamnya banyak terjadi kisah asmara yang rumit dan dikotori perselingkuhan. Putri raja yang memiliki hubungan khusus dengan dokter istana (Sa-ad Piampongsan) sehingga hamil, padahal sudah memiliki isteri perawat yang sedang hamil. Ada pengacara istana yang serakah dan banyak hutang sehingga harus merayu Sekretaris Istana untuk mencuri harta Istana. Isteri Pengacara yang cemburu dan bertekad membunuh Sekretaris Istana.

Kerumitan ini secara bertahap dapat diurai oleh pasangan detektif Adhiti dan Senior, sehingga berhasil menyatakan bebas tak bersalah bagi tukang kebun istana yang sudah terlanjur menghadapi regu tembak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline