Jujur saja, saya mengenal JNE sudah cukup lama, namun karena kantor dimana saya bekerja, sudah menggunakan sebuah jasa pengiriman tertentu, maka saya belum pernah menggunakan jasa JNE. Pengalaman bersama JNE baru saya alami setelah saya ditugaskan di Kalimantan, tepatnya di Balikpapan.
Beberapa pengalaman yang mengesankan bersama JNE adalah layanan stafnya yang sangat ramah dan sangat membantu pelanggan. Ketika saya harus mengirimkan contoh lumpur (sludge) ke kantor pusat, dan ditolak oleh jasa pengiriman lain. JNE justru memberikan bimbingan kepada saya. Dengan sabar, staf JNE memandu saya, mulai dari menyiapkan kemasan yang disyaratkan oleh perusahaan penerbangan, diberitahu agar menyertakan MSDS (Material Safety Data Sheets) sebagai salah satu persyaratan pengangkutan udara. Dengan panduan staf JNE, paket contoh lumpur akhirnya dapat terkirim dengan selamat dan aman ke kantor pusat.
Pengalaman mengesankan lainnya adalah saat terjadi pemadaman listrik di kota Balikpapan, bila biasanya jasa pengiriman lain tidak dapat menerima kiriman karena sistem komputer tidak dapat dioperasikan, staf JNE dengan sigap tetap menerima kiriman, dengan cara menggunakan tanda terima manual. Tanda terima manual ini bila listrik sudah hidup akan di input ulang ke dalam komputer, sehingga tetap dapat saya lacak melalui fasilitas Trace and Tracking pada situs www.jne.co.id, yang selalu memberikan informasi posisi paket kiriman sudah tiba dimana.
Pernah saya tiba di kantor JNE sudah menjelang atau bahkan sedikit lewat jam tutup kantor, namun staf JNE masih bersedia menerima kiriman paket, tidak ditolak seperti yang biasa dilakukan oleh jasa pengiriman lainnya.
Pengalaman menerima layanan cepat dan ramah tidak hanya di kantor cabang JNE Balikpapan saja, tetapi juga di kantor-kantor cabang pembantu. Beda kantor cabang dengan kantor cabang pembantu, hanya adanya nomor antrean di kantor cabang, mungkin disebabkan pelanggan lebih banyak. Yang membuat saya mengapresiasi layanan staf JNE adalah saat saya datang pada jam makan siang, bila melihat antrean pelanggan cukup panjang, maka staf JNE yang sudah selesai makan siang, akan langsung terjun membantu temannya, sehingga mempercepat antrean.
Pernah saya ingin mengirimkan paket kiriman ONS (One Night Service) pada jam 5 sore, oleh petugas JNE diinformasikan bahwa kiriman tidak mungkin diterima keesokan harinya, karena paket sudah berangkat, bila mau benar-benar diterima dalam satu malam, paket kiriman harus diterima di kantor JNE paling lambat jam 2 siang. Namun karena waktunya masih memadai, maka saya tetap memilih ONS, meski harus diterima ditempat tujuan setelah 2 hari. Dengan adanya pemberitahuan di awal ini, membuat saya dapat menginformasikan kepada penerima paket, bahwa paket akan diterima setelah 2 hari, jadi mereka tidak akan kecewa.
Ada juga kejutan-kejutan kecil, pernah saya mengirimkan paket obat daun bawang Dayak dengan sistem reguler, yang seharusnya akan tiba ditujuan 3-4 hari, ternyata dalam waktu 2 hari sudah diterima ditempat tujuan. Memang hal ini jarang terjadi, pada umumnya tepat waktu saja sudah memuaskan bagi pengirim maupun penerima.
Karena tingkat kepuasan yang tinggi pada JNE Balikpapan, maka ketika bulan ramadhan tiba, dan perlu mengirimkan parcel lebaran ke relasi. Saya mengusulkan kepada penjual kue baik di Jakarta dan Cirebon agar menggunakan jasa JNE untuk pengiriman, dan ternyata layanannya bagus juga, tepat waktu dan diantar ke rumah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika penjual kue menggunakan jasa pengiriman lain, bila mau cepat, maka parcel harus diambil sendiri di kantor cabangnya, bahkan pernah kiriman sangat terlambat dengan alasan kemacetan di jalur Pantura.
Karena mendapat kepuasan demi kepuasan bersama JNE, maka ketika ada teman yang memesan pepes ikan dari Semarang ke Tangerang, saya mengusulkan menggunakan jasa JNE, dan ternyata pengiriman berkali-kali diantar dengan tepat waktu, sehingga teman saya juga ikut puas menggunakan jasa JNE. Memang moda pemasaran Mouth-to-mouth ini sangat tepat, bila satu pelanggan puas, maka pelanggan itu pasti tanpa dibayar akan menularkan kepuasannya kepada komunitasnya. Jauh lebih kuat dampaknya dibandingkan iklan televisi maupun iklan di media masa.
Semoga kepuasan yang selalu didapat pada JNE dapat terus berlangsung, agar saya dapat terus menjadi pelanggan setia JNE. Selamat ulang tahun JNE ke 24, sukses selalu !
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H