Lihat ke Halaman Asli

Sutanto Bantul

Guru MTsN 3 Bantul

Sutanto Raih PNP

Diperbarui: 20 Maret 2023   10:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Guru MTsN 3 Bantul, Drs. Sutanto meraih predikat baru sebagai Pelatih Nasional Pratama (PNP) usai mengikuti Penataran Pelatih Catur tingkat Nasional yang diselenggarakan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) di Arena JI-Expo (Jakarta International Expo) Kemayoran Lantai 6 Jl. Haji Benyamin Suaeb, Jakarta, Rabu s.d Sabtu  (15-18/3/2023).

            Bidang Pelatihan Pelatih PB. Percasi Woman International Master (WIM) Lisa Lumongdong menjelaskan, peserta yang mengikuti penataran ada 63 orang berasal dari 22 provinsi se Indonesia. Sedangkan pemateri terdiri dari GM. Utut Adianto, MN. Hendry Djamal, FT, International Master (IM) Dede Lioe, dan MN. Heri Darmanto, PN.

Selama 4 hari peserta mendapatkan banyak materi kepelatihan, seperti: Peran dan Tantangan Pelatih, Aspek Psikologis Pembukaan Catur, Pendalaman Opening, Faktor Non Teknis Dalam Bermain Catur, Kombinasi, Permainan Akhir, Penerapan Teknologi dalam Catur, dll.

            Sutanto merasa tertantang untuk terus belajar dan belajar. Dengan mengikuti penataran berskala nasional tersebut dirinya merasa ilmunya semakin kurang.

            "Selama 4 hari bertemu dengan calon pelatih se Indonesia dan mendapat gemblengan dari pakar catur, saya merasa ilmu saya sangat kurang. Saya mendapat banyak ilmu khusus dalam bidang kepelatihan. Satu hal penting yang saya ingat adalah pesan Pak Utut, setiap peserta harus punya murid untuk dilatih," tutur Sutanto.

            Satu hal lagi yang membuat Sutanto senang, dari hobinya menulis buku dirinya bisa menyampaikan cindera mata buku "Memoar Pusparagam Kisah 64 Kotak Gelap Terang" yang berisi kisahnya menggeluti catur kepada WIM. Lisa Lumongdong dan GM. Utut Adianto.

            Kepala MTsN 3 Bantul, Sugeng Muhari, S.Pd.Si menyambut gembira salahsatu gurunya yang berhasil menyelesaikan proses penataran dan menyandang gelar Pelatih Nasional Pratama.

            "Semenjak kehadiran Pak Tanto Februari 2021 MTsN 3 Bantul mulai ada ekstra kurikuler catur. Sedikit demi sedikit mulai nampak bakat yang muncul dan bisa berprestasi di tingkat Kabupaten. Bahkan prestasi terakhir di ajang Por Pelajar turut mempersembahkan Medali Perak Beregu Catur Standar. Semoga kedepan semakin banyak siswa yang berprestasi," harap Sugeng.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline