Lihat ke Halaman Asli

Sutanto Bantul

Guru MTsN 3 Bantul

Akhir Lusono Wakil Sekretaris LSB PP Muhammadiyah

Diperbarui: 5 Maret 2023   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir Lusono Wakil Sekretaris LBP PP Muhammadiyah

Seniman yang juga sastrawan Jawa asal Yogyakarta, Dr KRT Akhir Lusono, SSn, MM,mendapat Amanah baru sebagai Wakil Sektretaris III Lembaga Seni Budaya Pimpinan Pusat (LSB PP) Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan PP Muhammadiyah Nomor 167/KEP/1.0/D/2023 tertanggal 13 Februari 2023. Sedangkan Ketua dijabat Prof Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, IPM, ASEAN, Eng. Sekretaris Faris Al Fadhat, PhD.

Pria yang masih aktif PNS di BBPPMPV Seni Budaya tersebut duduk di jajaran pengurus bersama para seniman seperti: Angelina Sondagh, Desy Ratnasari, Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo Jarot, Eros Candra sampai komika Dzawin Nur.

"Selain itu masih ada nama lain seperti Rommy Fibri (Ketua Lembaga Sensor Film), Dwiki Dharmawan (produser dan komposer), Eross Candra (gitaris band Sheila On 7), Hanung Bramantyo (sutradara), Tantri Syalindri (vokalis band Kotak), Dzawin Nur Ikram (komedian), Jumaldi Alfi (budayawan)," terang Akhir, Minggu (5/3/2023).

Dirinya akan membantu Ketua LSB PP Muhammadiyah di bidang seni dan budaya.  Karena jangkauan LSB PP Muhammadiayah ini seluruh Indonesia. Dari sabang sampai merauke, pulau Miangas sampai pulau Rote. Sehingga butuh ekstra penanganan dan juga banyak personal.

Awal mula, Akhir Lusono yang lahir di Gondang, Ngawis, Karangmojo, Gunungkidul, 25 Oktober 1970, adalah seorang pekerja keras yang memiliki prinsip belajar sambil bekerja. Pengalamannya sangat luar biasa setelah aktif di beberapa organisasi. Baik aktif di MUI DIY, ICMI DIY, Satupena juga di Forum Silaturahmi Doktor Indonesia.

Kegiatan menulis, membaca geguritan, cerpen dan mengikuti berbagai kegiatan sastra telah menjadi bagian dari kehidupannya selepas lulus S1 ISI Yogyakarta Jurusan Teater, S2 UST Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia dan S3 UII Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, yang didukung pengalaman kursus singkat di Universitas Kesenian Jerman.

Akhir Lusono Wakil Sekretaris LBP PP Muhammadiyah

Sebelumnya Akhir Lusono sekolah di TK ABA Karanganom Ngawis Karangmojo Gunungkidul, SDN Karanganom 2, SMPN 1 Karangmojo dan SMEA Muhammadiyah Karangmojo dan mulai beraktifitas di Yogyakarta sejak tahun 1990 hingga kini. Pernah pula aktif di Partai Bulan Bintang besutan Yusril Ihza Mahendra.

Warga Cebongan, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul ersebut pernah mendapat penghargaan dari Presiden RI, piagam MURI, dan piagam penghargaan dari Balai Bahasa Yogyakarta.

Kesibukannya tak terhitung lagi, selain mengabdi di BBPPMPV Seni Budaya, Dosen MSDM Universitas Proklamasi 45, Direktur RadioMu PWM DIY, konsultan Radio Vedac 99 FM, kesibukannya menjadi konten kreator YouTube melalui kanal Akhir Lusono Channel. Daur hidup memiliki makna tersendiri bagi sebuah proses, baik menandai kiprah dalam berkesenian maupun aktivitas berkebudayaan lainnya.

Menurut Akhir, terkadang banyak misteri yang tidak terduga dalam proses menjalani kehidupan ini. "Sehingga perlu mengingat dan memberikan ruang bagi banyak orang untuk berkiprah saling memperkaya pengalaman batin dan pengalaman hidup agar bermanfaat untuk sesama," pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline