Lihat ke Halaman Asli

Sutanto Bantul

Penulis dan Penggerak Literasi

Habis Tirakat Warga Ceme Mancing Lele

Diperbarui: 19 Agustus 2022   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Banyak cara untuk mengungkapkan rasa nasiolisme menyambut ulangtahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti yang dilakukan warga Pedukuhan Ceme Srigading Sanden Bantul, menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menggelar Tirakatan dilanjutkan dengan Mancing Lele di Jalan Corblok RT.04 Ceme, Selasa (16/8/2022) diikuti 200 warga, didominasi kaum hawa dan anak-anak.

Dukuh Ceme Ngadiyo didampingi koordinator kegiatan Ketua RT.04 Slamet Ceme menjelaskan, penyelenggaraan malam tirakatan untuk konsumsi disuport Pemerintah Kalurahan Srigading, sedangkan kegiatan mancing disponsori Ngadiyo, Slamet, Dwi Krisdiyanto dan Hadi Suparno.

Dok. pribadi

Acara dimulai jam 8 malam dengan menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin Sumartanti, Sambutan Bupati Bantul dibacakan Dukuh Ngadiyo, dan Doa dipimpin Sutanto. Selepas tirakat peserta langsung mancing bersama di selokan sepanjang jalan RT.04 yang sudah dibendung dan ditebari 41 kg ikan lele, ditambah 2 maskot lele dengan berat masing-masing 2,5 kg.

Yang menggembirakan hampir semua warga berhasil mendapatkan lele dengan berbagai variasi antara 2 sampai 9 ekor. Sedangkan maskot diraih Rusdi Widodo dan Galih Sinanggana yang memang terkenal jago memancing. Keduanya merasa puas dapat memperoleh maskot tersebut.

 

Dok. pribadi

Slamet selaku koordinator kegiatan, merasa puas acara dapat berlangsung dengan lancar dan meriah. Melihat antusiasme warga menjadi catatan positif untuk bisa digelar even serupa di waktu mendatang.

"Alhamdulillah, rangkaian acara mulai dari tirakat sampai mancing berjalan dengan lancar. Dari anak-anak, remaja maupun para ibu begitu semangat mengikuti acara sampai akhir. Ini menjadi catatan bersama untuk dapat digelar acara serupa di tahun yang akan datang," pungkas Slamet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline