Lihat ke Halaman Asli

Sutan Pangeran

Bersahabat

Jakarta Gonjang-ganjing

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jakarta gonjang-ganjing disuarakan di Kampus Universitas Merdeka (UNMER) Pasuruan, Kamis 23 Maret 2012. Tampil sebagai nara sumber dalam Dialog Nasional "Reposisi Indonesia dalam Tata Dunia Baru"  adalah Mayjen (Purn) Saurip Kadi; Hatta Taliwang; Justiani dan Pong Hardjatmo.

Saurip Kadi membahas betapa salah kaprah di negeri ini terus dilestarikan, antara bentuk presidensial dan parlementer. Terlihat, dimana calon anggota Dewan berkampanye seolah ia akan menjadi  eksekutif (pemerintah) yang sewajarnya disampaikan oleh seorang calon presiden, sementara itu presiden kekuasaannya saat ini seperti dibatasi oleh anggota Dewan--yang sebenarnya sederajat, yaitu sama-sama lembaga tinggi negara. Namun, sejak "fungsi" MPR sudah berubah tidak lagi sebagai lembaga tertinggi negara, maka keberadaan presiden pun tidak perlu lagi menyampaikan pertanggung-jawaban kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Sejumlah jenderal (purn) dan politisi menurut Saurip berkumpul menamakan dirinya DEPAN(dewan penyelamat negara).  Ia melihat, pranata sosial, budaya kita jauh tertinggal, dimana salah kaprah antara buruh dan majikan sudah  menjadi fenomena yang salah. Buruh menurut istilah Saurip adalah abdi pemerintah, sedangkan majikan itu adalah rakyat, yaitu pihak yang membayar gaji kepada buruh melalui pembayaran pajak.

Kesalahan sistem terjadi ketika sudah tidak ada lagi GBHN dalam pemerintahan saat ini sejak tumbangnya Soeharto. Pemerintah seakan menjadi negeri yang  berjalan tanpa pilot atau nahkoda.

Agar tidak jenuh Dialog Nasional diisi oleh family music dan lawakan dari grup colak-colek seperti di bawah ini:




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline