Lihat ke Halaman Asli

Identitas Nasional sebagai Karakter Bangsa Indonesia

Diperbarui: 29 November 2023   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas nasional sebagai karakter bangsa Indonesia

Identitas nasional adalah pengakuan dan kebanggaan seseorang atau sekelompok orang karena mempunyai ciri khas  fisik, budaya, sejarah, agama, bahasa, atau geografis yang membedakannya dengan orang atau kelompok lain.

 Identitas nasional juga dapat diartikan sebagai citra diri suatu bangsa yang memiliki kesamaan nilai-nilai inti dan cita-cita bersama.

 Karakter bangsa adalah sikap dan perilaku yang mencerminkan watak dan jati diri suatu bangsa,Karakter bangsa juga dapat dipahami sebagai ciri khas suatu negara yang membedakannya dengan negara lain dan tercermin dalam nilai-nilai moral, etika, dan budayanya.

 Karakter bangsa dan jati diri bangsa sangat penting bagi kelangsungan danperkembangan suatu bangsa.Melalui jati diri dan karakter bangsa yang kuat, suatu bangsa dapat mempertahankan eksistensi dan kedaulatannya dalam persaingan global.

 Selain itu jati diri bangsa dan karakter bangsa juga dapat menjadi landasan untuk membangun persatuan dan kesatuan dalam keberagaman serta mencapai kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh bangsa.

 Meningkatkan kesadaran nasionalisme Terima kasih Kesadaran nasionalisme adalah  sikap  suatu bangsa terhadap tanggung jawab, hak dan kewajibannya.

      Nasionalisme atau kesadaran nasional juga diartikan  sebagai rasa memiliki terhadap suatu bangsa, mencapai, mempertahankan, dan memenuhi kekuatan bangsa tersebut.

 Semangat kesadaran nasionalisme yang ada pada diri seseorang tidak lahir dengan sendirinya,

     namun ada faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan orang tersebut.

 Barang-barang tersebut adalah:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline