Lihat ke Halaman Asli

Tantangan Demokrasi Pancasila dan Cara Mengatasinya

Diperbarui: 29 November 2023   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hakikat, Instrumen dan Praktik Demokrasi Indonesia Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 Tantangan Demokrasi Pancasila dan Cara Mengatasinya

A.Menelusuri konsep dan urgensi yang bersumber dari Pancasila

1.Apa sih Demokrasi itu?

            Indonesia adalah negara yang berdasarkan demokrasi Pancasila.Prinsip kedaulatan rakyat erat kaitannya dengan makna demokrasi.Demokrasi terdiri dari kata "demos" dan "kratin".Demo artinya rakyat dan Krating artinya pemerintah.Demokrasi secara harafiah berarti pemerintahan rakyat.Abraham Lincoln mendefinisikan demokrasi sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.Oleh karena itu, dalam negara demokrasi, rakyat mempunyai wewenang untuk membentuk suatu pemerintahan, atau kekuasaan ada di tangan rakyat.Hal ini sesuai dengan makna kedaulatan rakyat.

2.Tiga Tradisi Pemikiran Politik Demokrat Tiga Tradisi Pemikiran Politik yaitu:

1.Teori Aristotelian Klasik Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan: pemerintahan oleh seluruh warga negara yang memenuhi persyaratan kewarganegaraan.

 2. Teori Abad Pertengahan Demokrasi yang pada dasarnya menerapkan konsep ``Hukum Romawi'' dan ``kedaulatan rakyat'', meletakkan landasan pelaksanaan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat.

 3. Pendidikan Modern. Demokrasi menggunakan istilah "republik" dan dianggap sebagai bentuk murni pemerintahan kerakyatan.

Proses demokrasi  dapat diklasifikasikan menjadi empat bentuk demokrasi lainnya.

 a.Demokrasi protektif Kekuatan ekonomi pasar yang mengadakan pemilihan umum  secara berkala untuk memajukan kepentingan pasar dan melindungi pasar dari tirani negara.

 b.Demokrasi Pembangunan Demokrasi dicirikan oleh gagasan atau model masyarakat sebagai individu yang posesif. Lebih jauh lagi, "partisipasi demokratis" dinyatakan sebagai "jalan utama menuju pengembangan diri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline