Lihat ke Halaman Asli

Susi Susanti

mahasiswa

Aspek Pembinaan Akhlak dalam Islam

Diperbarui: 11 Desember 2023   20:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ASPEK PEMBINAAN AKHLAK DALAM ISLAM

Susi Susanti1, Achmad Wahidi2

1Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
2Dosen Prodi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Susisusanti9767@gmail.com

ABSTRAK
Secara etimologi kata akhlak berasal dari bahasa Arab bentuk jamak dari kata khuluq, yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat. Secara terminologi akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan
suatu perbuatan baik. Pembinaan akhlak adalah suatu proes pendidikan atau pengembangan yang bertujuan untuk membentuk dan memperbaiki perilaku, moralitas dan nilai-nilai etika individu agar sesuai dengan standar moral yang diakui dalam suatu budaya atau sistem
etika tertentu. Pembinaan akhlak adalah bagian penting dalam pembentukan masyarakat yang berperilaku baik dan adil serta merupakan aspek integral dalam banyak sistem etika, agama, filosofi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan individu yang mampu membuat keputusan yang bijak bertindak dengan integritas, dan berkontribusi positif kepada masyarakat.

PENDAHULUAN

Seiring berkembangnya zaman, banyak kita lihat permasalahan mengenai akhlak ataupunt ingkah laku dikalangan pelajar maupun mahasiswa. Contohnya saja seperti banyak yangs uka berkata kasar atau berbicara kotor, suka berbohong bahkan kepada orang tuas ekalipun, tawuran atau membuat keributan, hingga pergaulan hingga seks bebas. Hal ini dipengaruhi karena adanya kurangnya pembinaan akhlak sejak dini.

Dalam Islam pembinaan akhlak sangat dibutuhkan, apalagi di zaman sekarng sudah banyak orang yang melenceng dari ajaran Islam. Maka dari itu, pembinaan akhlak harus ditanamkan sedini mungkin agar karakter seseorang yang berakhlak sudah melekat pada dirinya. Akhlak yang mulia akan membuat manusia bahagia dalam hidupnya, begitu juga sebaliknya. Dalam artian lain pembinaan akhlak dalam Islam tidak saling bertentangan melainkan saling melengkapi, yaitu sifat yang tertanam kuat dalam jiwa yang nampak dalam perbuatan lahiriah yang dilakukan dengan mudah, tanpa memerlukan pemikiran lagi dan sudah menjadi kebiasaan.

RUMUSAN MASALAH

1. Bagaimana definisi pembinaan akhlak dalam Islam?

2. Bagaimana tujuan dari adanya pembinaan akhlak dalam Islam?

3. Bagaimana macam-macam akhlak dalam Islam?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline