Lihat ke Halaman Asli

Berbagai Perlombaan HUT ke-79 RI di MTsN 6 Bantul

Diperbarui: 16 Agustus 2024   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lomba mengelurkan bola dari kardus oleh kelas VIIIC (dok.pri)

(Bantul-MTsN 6 Bantul) - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia, MTsN 6 Bantul menyelenggarakan berbagai perlombaan. Acara ini diselenggarakan di lapangan basket pada Jumat (16/08/2024) dari pukul 08.00-11.00 WIB yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Perlombaan ini menjadi bagian dari upaya madrasah untuk meningkatkan semangat kebersamaan, sportifitas, dan nasionalisme di kalangan siswa.

Kegiatan ini merupakan program dari wakil kepala madrasah bagian kesiswaan khususnya merupakan salah satu dari program kerja organisasi siswa madrasah (OSIM). Penanggung jawab dari perlombaan ini diserahkan kepada OSIM mulai dari pemilihan jenis lomba, perekrutan nama-nama peserta perwakilan dari setiap kelas, dan juga penanggungjawab saat jalannya lomba. Ada lima jenis lomba yang harus diikuti oleh setiap kelas yaitu Lathing (Bola Cething), mengeluarkan bola dari kardus, Baparet (bagor, lompat, dan karet), estafet pingpong, dan estafet bola.

Kepala Madrasah, Mafrudah, mengungkapkan bahwa perayaan HUT Ke-79 RI dengan mengadakan perlombaan itu banyak manfaatnya. “Perlombaan 17-an ini memiliki banyak manfaat bagi para siswa. Perlombaan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengasah keterampilan, baik fisik maupun mental, melalui berbagai jenis lomba yang menantang. Ini juga menjadi wadah untuk menumbuhkan sikap sportif, tanggung jawab, dan kerja sama dalam tim, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari maupun di masa depan,” ujar Mafrudah.

Ketua OSIM, Alyna Yukha Rizqananda dri kelas IXB, menegaskan bahwa perlomban melatih siswa memiliki jiwa kompetitif yang sehat dan mempererat persaudaraan “Perlombaan ini memberikan banyak hal positif. Kita semua bisa berkumpul dan berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan, yang tentu saja menguatkan rasa persaudaraan dan solidaritas di antara teman-teman. Perlombaan ini juga membantu kita untuk mengembangkan jiwa kompetisi yang sehat. Kita belajar menghadapi tantangan dengan penuh semangat, bekerja sama dalam tim, dan tetap saling mendukung satu sama lain, terlepas dari hasil akhir perlombaan”, ujar Alyna.

Kegiatan ini ditutup dengan berdoa bersama-sama. Semua peserta, baik yang menang maupun tidak, merasakan kebahagiaan dan kebanggaan dapat berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia.(ist/sps)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline