Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Belajar Matematika Menggunakan Software Geogebra, Wingeom, dan Cabri

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13999544441350705630

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya akan menceritakan pengalaman saya selama belajar MATEMATIKA dari Semester I sampai Semester IV. Saya SUSILAWATI dari kelas XI TKI B jurusan Multimedia di SMKN 1 Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah. Pada Semester I dan Semester II saya belajar matematika menggunakan software Geogebra. Saat itu saya kurang memahami cara mengerjakan soal matematika secara manual, karena lebih tertuju pada Geogebra. Setelah evaluasi pengalaman pembelajaran selama 2 Semester, pada Semester III dan Semester IV konsep pembelajaran lebih seimbang antara menggunakan software Wingeom dan Cabri dengan manualnya.  Dengan cara pembelajaran Matematika menggunakan software agak rumit sih, tapi menambah pengetahuan kami tentang penggunaan software - software tersebut. Karena berbeda dengan kelas - kelas yang lain, hanya kelas - kelas yang di bimbing oleh Pak Lukas Sumarno, S.Pd yang menggunakan software dalam pembelajaran Matematika.  Baru kemarin kami diberikan tugas untuk membuat video tutorial untuk menghitung bangun ruang mengunakan Wingeom, ini halaman link video tutorial yang telah saya buat menggunakan software Camtasia dan Wingeom, http://www.youtube.com/watch?v=86995BA8yi4&feature=youtu.be,semoga bermanfaat. Menurut saya lebih mudah menggunakan Wingeom dibandingkan dengan Cabri.

Berikut screenshot membuat jaring-jaring kubus menggunakan software Wingeom, membuat krativitas dari bangun datar menggunakan software Geogebra, dan menghitung Limas menggunakan software Cabri:

1399954579127369793

13999540831104069457

Terimakasih buat Pak Lukas Sumarno, S.Pd yang telah membagi ilmunya kepada kami tentang penggunaan software Matematika. Cara pembelajaran yang unik :) .

Sekian pengalaman yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wasalamualaikum Wr.Wb.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline