Lihat ke Halaman Asli

susilawatialz

Teacher || Content Writer || Freelancer || Founder TBM Rumpita

Self Discovery untuk Pemula: Mulai Perjalanan Anda Hari Ini

Diperbarui: 27 Mei 2024   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Setelah lulus sekolah kita memasuki fase sedang mencari tujuan hidup atau mencari jati diri yang ternyata kebanyakan masih sangat bingung dan malah kehilangan arah tak jarang menjadi masalah serius ketika kita terlalu berlebihan memikirkan masa depan yang mengakibatkan kita kehilangan diri sendiri karena mengikuti perkataan orang lain ataupun pengaruh lingkungan.

Hal itu wajar kita alami pada usia 17-20 dan kita bisa terlebih dahulu mengenali diri (self descovery) agar bisa mengontrol penuh diri kita.

Sebenarnya, apa itu mengenali diri (self discovery)?

Mengenali diri (self-discovery) adalah proses memahami diri sendiri secara lebih dalam, termasuk kepribadian, nilai-nilai, tujuan hidup, minat, kekuatan, kelemahan, serta aspirasi. Ini melibatkan introspeksi dan refleksi untuk mengenali siapa kita sebenarnya di luar pengaruh eksternal seperti budaya, harapan sosial, atau tekanan dari orang lain.

Seberapa pentingkah kita melakukan self discovery?

Mengenali diri (self discovery) menjadi proses yang sangat penting karena memberikan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan kualitas hidup secara signifikan. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa mengenali diri (self discovery) penting:

1. Menemukan Jati Diri

Mengenali diri (self discovery) membantu anda memahami siapa Anda sebenarnya, apa yang Anda yakini, dan apa yang Anda inginkan dalam hidup. Ini memberikan kejelasan tentang jati diri dan membantu Anda hidup dengan lebih autentik.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan sesuai dengan nilai-nilai serta tujuan pribadi. Ini membantu Anda menghindari pilihan yang mungkin tidak sejalan dengan keinginan dan kebutuhan sejati Anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline