Dalam dunia kerja tentu Attitude atau perilaku sikap dan tutur bahasa merupakan sebuah hal utama yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sudah selayaknya setiap orang harus memiliki attitude yang baik dan bahasa yang sopan, apalagi jika kita sudah terjun ke dunia kerja yang mengandalkan attitude dan dituntut untuk menggunakan tutur bahasa yang baik tentunya.
Attitude dapat menggambarkan siapa kita sebenarnya. Seringkali kita menemukan orang yang tidak memiliki etika atau respect, baik itu diperusahaan maupun di luar daripada itu. Mungkin ini sangatlah sepele bagi sebgaian orang, namun membawa pengaruh yang cukup besar terhadap kemajuan perusahaan.
Bersikap baik itu sendiri sebenarnya adalah hal dasar dari kehidupan sosial antar manusia bahwa kita memerlukan orang lain dalam hidup ini. Jika diperhatikan secara seksama, betapa pentingnya attitude di dunia kerja. Dengan attitude yang baik seorang pekerja cenderung lebih disukai oleh perusahaan.
Hal ini sangat beralasan mengingat bahwa perusahaan menilai pembentukan dan penguasaan knowledge dan skill jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan pembentukan karakter kepribadian atau attitude.
Attitude yang ditunjukan oleh pekerja dapat mencerminkan bagaimana perusahaan itu akan dikelola dan bagaimana sikap pekerja bila menghadapi permasalahan di dalam perusahaan. Sikap atau attitude menjadi peran penting bagi kemajuan perusahaan dimana merupakan asset terpenting bagi suatu perusahaan. Selain itu, karyawan suatu perusahaan juga dapat mencerminkan produk maupun brand image perusahaan tersebut.
Bayangkan saja, bila attitude pekerja dan karyawan buruk, tentu akan mempengaruhi bagaimana perusahaan terlihat dimata masyarakat dan mempengaruhi citra perusahaan. Perusahaan tentu tidak mau citra yang telah susah payah dibangun di depan mata masyarakat menjadi negatif akibat attitude pekerjanya yang tidak memenuhi standar.
Berikut ini beberapa hal penting dalam menjaga attitude dan tutur bahasa yang baik di perusahaan:
1. Komitmen Terhadap Suatu Pekerjaan
Penting sekali bagi seorang karyawan dengan menunjukan komitmen terhadap sebuah pekerjaan sehingga keuntungan bukan lagi dirasakan oleh individu tapi juga oleh perusahaan. Selain di dunia kerja juga dapat menjadi pribadi yang lebih baik di lingkungan masyarakat.
2. Bersikap Sopan dan Baik
Dalam hal ini yang dikatakan sopan bukan sekedar bersikap sopan terhadap atasan atau customer/klien, tetapi juga terhadap sesama rekan pekerja baik senior ataupun junior. Ketika berkomunikasi dengan customer kita harus menggunakan tutur bahasa yang baik dan santun agar tidak menimbulkan suatu hal yang tidak di inginkan..