Masalah yang sering terjadi disekolah salah satunya yaitu sering kurangnya minat membaca siswa di sekolah sehingga terjadinya beberapa siswa ada yang belum bisa membaca padahal sudah di kelas 6. dengan demikian data yang ada disekolah berupa hasil dari Literasi sekolah akan berpengaruh, dan terdeteksi sebagai sekolah yang Literasi nya rendah. Rendahnya minat membaca ini setelah penulis menyimpulkan ada beberapa penyebabnya diantaranya :
- Guru kurang menerapkan pembiasaan membaca
- Model pembelajaran yang di terapkan kurang jelas
hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. oleh karena itu perlunya adanya menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada. Menurut Hamzah dan Mardhiah (2016) CIRC merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok), yakni membaca materi yang diajarakan dari berbagai sumber dan selanjutnya menuliskannya ke dalam bentuk tulisan yang dilakukan secara kooperatif.
model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki bebrapa kelebihan
Menurut Saifulloh dalam Huda (2015) kelebihan dari mdel CIRC antara lain:
Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa akan bertahan lebih lama
Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir siswa
Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis (bermanfaat) sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan siswa
Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa ke arah belajar yang dinamis, optimal, dan tepat guna
Pembelajaran terpadu dapat menumbuh kembamgkan interaksi sosial siswa, seperti kerja sama, toleransi, komunikasi. Dan respek terhadap gagasan orang lain
Membangkitkan motivasi belajar serta memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam mengajar