Lihat ke Halaman Asli

Susi Susanti

Guru Kelas

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CIRC pada Kelas 6 SD

Diperbarui: 30 November 2023   13:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.youtube.com/watch?v=AZjqgrooFsg&t=259s

Masalah yang sering terjadi disekolah salah satunya yaitu sering kurangnya minat membaca siswa di sekolah sehingga terjadinya beberapa siswa ada yang belum bisa membaca padahal sudah di kelas 6. dengan demikian data yang ada disekolah berupa hasil dari Literasi sekolah akan berpengaruh, dan terdeteksi sebagai sekolah yang Literasi nya rendah. Rendahnya minat membaca ini  setelah penulis menyimpulkan ada beberapa penyebabnya diantaranya :

  • Guru kurang menerapkan pembiasaan membaca
  • Model pembelajaran yang di terapkan kurang jelas

hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. oleh karena itu perlunya adanya  menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada.  Menurut Hamzah dan Mardhiah (2016) CIRC merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok), yakni membaca materi yang diajarakan dari berbagai sumber dan selanjutnya menuliskannya ke dalam bentuk tulisan yang dilakukan secara kooperatif.

model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki bebrapa kelebihan 

Menurut Saifulloh dalam Huda (2015) kelebihan dari mdel CIRC antara lain:

Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa akan bertahan lebih lama

Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir siswa

Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis (bermanfaat) sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan siswa

Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa ke arah belajar yang dinamis, optimal, dan tepat guna

Pembelajaran terpadu dapat menumbuh kembamgkan interaksi sosial siswa, seperti kerja sama, toleransi, komunikasi. Dan respek terhadap gagasan orang lain

Membangkitkan motivasi belajar serta memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam mengajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline