AKSI NYATA
Melatih keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui program
Komunitas English Zone (KEZ)
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata.
CGP membuat dokumentasi pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.
Pertanyaan Pemantik:
Bagaimana saya dapat menerapkan rancangan program yang telah saya buat ke dalam bentuk aksi nyata? Langkah-langkah apa yang bisa saya lakukan? Inilah aksi nyata saya.
A. Facts (Peristiwa)
1. Latar Belakang
Pendidikan adalah memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki oleh seorang anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat nantinya(Ki Hajar Dewantara). Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama ( Nadiem Makarim).
Sebagai refleksi dari adanya sebuah program yang dibuat diawali dengan latar belakang dari pemilihan program Melatih keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan murid dalam berbicara Bahasa Inggris melalui program Komunitas English Zone (KEZ). Akhirnya Saya membuat program berdasarkan profil pelajar Pancasila berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Program 'KEZ' yang merupakan program ko-kurikuler ini untuk peningkatan kualitas diri murid untuk bisa mandiri dalam berkomunikasi Bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris.
Program Komunitas English Zone (KEZ) ini juga sebagai pendewasaan murid dalam pembentukan karakter yang aktif, dan produktif sehingga terbentuk karakter nilai P5 yang berkebinekaan global, mandiri, bernalar kritis dan kreatif dengan melihat Student Agency (Voice, Choice, Ownership) yang ada, serta adanya pemanfaatan Aset yang ada di SMP Negeri 17 Sarolangun. Tujuan lain dari program ini juga sebagai penguatan karakter murid dalam pengambilan keputusan. Di sisi lain program ini juga sebagai kolaborasi yang kuat antara sekolah dengan komite/wali murid dalam hal pendampingan anak dalam belajar.