Lihat ke Halaman Asli

Suseno Pranoto

guru yang ingin terus berguru

Menindaklanjuti P5

Diperbarui: 9 Februari 2024   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peserta didik menanam di pot tempel. Dokpri. 

Setelah sepekan memasuki semester genap, warga SMP Negeri 12 Depok melaksanakan kegiatan P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila), pelaksanaannya mulai hari Selasa, tanggal 9/01/2024 sampai dengan 19/01/2024. Tema kali ini adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, Sekolah Hijau dan Sekolah Sehat. Pelaksanaan kegiatan proyek P5 mengalokasikan waktu dua pekan. Pesertanya adalah seluruh kelas 7 dan 8. Untuk kelas 9 tidak termasuk peserta, karena masih menggunakan Kurikulum 2013.

Sebelum pelaksanaan kegiatan P5, tim penanggung jawab, kordinator kegiatan P5 melakukan serangkaian persiapan. Mulai dari rapat kecil, hingga rapat dengan para guru, termasuk walas untuk koordinasi agenda kegiatan, selain itu ada media komunikasi dengan para guru selaku pemateri dan pendamping P5, melalui WhatsApp group P5. Segala sesuatu yang terkait dengan setiap proses pelaksanaan P5 disampaikan, dikomunikasikan, dan terekam melalui media tersebut. Misalnya, mulai dari agenda kegiatan hari pertama, pembagian jadwal pemateri pada setiap kelasnya. Begitu juga dengan bahan untuk dipelajari, dan diskusi, seperti audio dan video.

Tema Gaya Hidup Berkelanjutan, Sekolah Hijau dan Sekolah Sehat dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap dampak dari aktivitas manusia, untuk jangka pendek maupun jangka panjang, untuk kebaikan lingkungan, dan keberlangsungan kehidupan di dunia ini. Termasuk juga membangun kesadaran peserta didik untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, serta mencari solusi dari masalah lingkungan. 

Kegiatan yang dilakukan dalam P5 Gaya Hidup Berkelanjutan :

-Meminta siswa membawa bekal makanan sendiri dari rumah, 

-Menemukan masalah lingkungan dan mencari solusinya, kebersihan dan kerapihan lingkungan, 

-Mengajak siswa untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik, 

-Mengajak siswa untuk mengurangi sampah plastik, misalnya membawa botol minum dari rumah dan mengganti plastik belanja dengan tas belanja, 

-Dan mendesain maket dan membentuk taman kecil. 

Melansir tulisan Arfianti Wijaya dalam "Apa itu P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)?", yang dimuat Kompas.com, bahwa P5, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, yang merupakan bagian penting yang tak terpisah dari kurikulum merdeka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline