Lihat ke Halaman Asli

Susanto

Seorang pendidik, ayah empat orang anak.

Selamat Jalan Ratu Elisabeth II, Usiamu Sangat Panjang

Diperbarui: 10 September 2022   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ratu Elisabeth II (Sumber: kabar24.bisnis.com)

Ketika aku lahir, sang Ratu sudah berusia berusia matang, 45 tahun. Pantas saja, sejak SD hingga tamat sekolah menengah atas, nama Ratu Elisabeth selalu menghiasi pelajaran sejarah dari Pak Guru. Hari Jumat, 9 September 2022 sang Ratu meninggalkan kita pada usia 96 tahun.

Usia 96 tahun, bagi orang Indonesia adalah usia yang sangat panjang. Mari bandingkan usia sang Ratu dengan usia harapan hidup rata-rata orang Indonesia. Pada laman BPS, pada artikel berjudul "Angka Harapan Hidup (AHH) Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Tahun), 2019-2021". Usia harapan hidup tahun 2021 untuk laki-laki adalah 71,21. Saya bulatkan menjadi 71 tahun. Sedangkan usia harapan hidup perempuan adalah 74,91. Saya bulatkan menjadi 75 tahun. Usia Ratu Elisabet adalah 135% lebih panjang dan jika dibandingkan dengan perempuan Indonesia, usia Ratu 128% lebih panjang. Mengapa Usia Ratu Elisabeth II jauh melampaui usia harapan hidup orang Indonesia?

Rahasia Umur Panjang Sang Ratu

Umur adalah rahasia Tuhan. Tidak ada satu manusia pun yang mengetahui kapan dirinya mati. Pun tidak bisa mengetahui waktu matinya seseorang. Dokter yang memperkirakan umur pasien, semata-mata berdasarkan analisis medis. Itu pun sering meleset. Oleh karena itu, perihal umur manusia, hanya Tuhan yang tahu. Saudara kita umat Islam meyakini itu. Dalam kitab sucinya (Q.S An 'Am ayat 2), dijelaskan bahwa Dia (Allah) menetapkan ajal (kematianmu), dan batas waktu tertentu yang hanya diketahui oleh-Nya.

Ratu Elisabeth II sudah ditetapkan Allah meninggal pada usia 96 tahun. Sebleumnya, siapa menyangka beliau mampu bertahan hingga "setua" itu? Apa rahasianya? 

Ratu Elisabeth II tentu bukan satu-satunya manusia di dunia ini yang mampu bertahan hingga usia 96 tahun. Namun, ratu Kerajaan Inggris yang masyhur itu layak dicari rahasia awet hidupnya. Berikut saya merangkum dari berbagai sumber, hal yang membuat tubuh sang Ratu mampu bertahan hingga usia panjang.

Sang Ratu, konon katanya, memiliki beberapa kebiasaan. Kebiasaan ini diamati oleh orang-oramg yang bekerja di sekitar istana atau berdekatan dengan beliau. Di antara kebiasaan Ratu Inggris, menurut para pengamat itu adalah: berjalan kaki, rajin makan buah, tidak suka minum manis, suka makan dark chocolate, membaca koran setiap pagi, membaca buku sebelum tidur, tidur 8,5 jam sehari, mengatur pola makan dan makan sayuran bersama protein tanpa lemak, tertawa melepas ketegangan, mencari penghiburan dan ketenangan. 

Lalu, jika kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan Ratu bernama asli Elizabeth Alexandra Mary Windsor itu, apakah akan dijamin memiliki umur panjang? Ha ha ha, maaf. Ini tentu pertanyaan guyonan. Sebab, data empiris menunjukkan usia rata-rata orang Indonesia tercatat 71 hingga 75 tahun. Meskipun ada pengecualian, hal terbaik tentu selalu menjaga kesehatan dan melakukan hal positif mulai sekarang juga. Apalagi, yang meninggal pada usia sebelum enam puluh tahun pun tidak sedikit.

Umur adalah rahasia Tuhan, namun sebagai manusia yang diberi akal budi diperbolehkan berikhtiar memperpanjang umur. Semoga kita diberi umur panjang dan penuh keberkahan.

Salam dan Bahagia.

PakDSus




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline