Lihat ke Halaman Asli

Susanti

Dosen Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Menciptakan Generasi Cakap dalam Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 30 Oktober 2022   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 sampai saat ini memberikan dampak yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya terhadap kesehatan masyarakat secara global. 

Kebiasaan hidup yang berubah drastis selama pandemi covid-19 memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan masyarakat baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Kegiatan belajar dari rumah atau daring memberikan dampak pada kesehatan fisik maupun mental peserta didik. Berbagai kebiasaan kurang baik yang merupakan dampak dari pembelajaran daring sangat berpengaruh terhadap kesehatan siswa. 

Kegiatan belajar dari rumah atau daring selama pandemi covid-19 memberikan dampak pada kesehatan fisik maupun mental peserta didik. Berbagai kebiasaan kurang baik yang merupakan dampak dari pembelajaran daring sangat berpengaruh terhadap kesehatan siswa. Hal ini karena kesehatan tubuh sangat penting dalam proses pembelajaran karena dengan sehat fisik tentu stamina tubuh juga baik, dengan stamina tubuh yang baik tentu siswa akan mampu berkonsentrasi dengan baik ketika proses pembelajaran daring dilaksanakan. Melihat berbagai masalah kesehatan yang muncul di lingkungan sekolah sehingga diperlukan adanya penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan agar siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan baik. 

MAN 1 Sleman berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan IPA dan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengadakan kegiatan penyuluhan tentang cara menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mensolusikan permasalahan kesadaran terhadap kesehatan bagi siswa-siswi MAN 1 Sleman.

Secara spesifik kegiatan penyuluhan ini memiliki tujuan untuk: 

  • Menciptakan generasi tanggap dalam menjaga kesehatan
  • Meningkatan pemahaman siswa dalam hal makanan gizi seimbang
  • Meningkatkan pemahaman siswa dalam menjaga kesehatan mental di masa pandemi covid-19

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan melalui 2 sesi penyampaian materi dan diikuti oleh 25 orang peserta perwakilan dari siswa kelas X dan XI. Siswa sangat antusias selama mengikuti kegiatan penyuluhan.

Meskipun sekarang pandemi covid-19 sudah mulai kurang mendapat perhatian dari masyarakat tetapi ketika siswa dapat memahami cara menjaga kesehatan maka diharapkan siswa dapat menjaga kesehatannya sehingga dapat melakukan aktivitasnya dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline