Lihat ke Halaman Asli

Septhy DwiSusanthy

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Karya Mural Mahasiswa KKN UNS Ikon Gudang Serba Guna Dusun Dukunan, Donorojo, Mertoyudan, Magelang

Diperbarui: 1 September 2022   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Program Kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 288 Universitas Sebelas Maret Tematik di Desa Donorojo berhasil membuat karya seni lukis mural pada salah satu bangunan utama di Dusun Dukunan. Karya mural tersebut terletak di bagian dinding gudang serba guna Dusun Dukunan menghadap jalan raya. Tema karya mural yang diciptakan menggambarkan keunggulan dan harapan di Dusun Dukunan. Tujuan pelaksanaan pengkaryaan seni lukis mural di bangunan gudang serba guna Dusun Dukunan guna menciptakan nilai estetika gudang tersebut sebagai salah satu ikon Desa Donorojo. Mural yang dihasilkan tersebut diresmikan bertepatkan dengan peresmian gapura dusun dan peringatkan HUT RI ke-77 di Dusun Dukunan, Desa Donorojo.

Syaifa Muhamad Ilham mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang bertanggungjawab atas program kerja tersebut menyampaikan "Mural selain berfungsi sebagai penunjang nilai estetika dan media promosi juga memiliki fungsi sebagai visualisasi akan pesan-pesan yang hendak disampaikan untuk masyarakat", ujarnya Selasa (16/08/2022).

Terdapat beberapa ornamen dalam karya tersebut yang menggambarkan secara luas potensi yang ada di Dusun Dukunan. Ornamen tersebut antara lain berupa ikan, gapura, persawahan, dan motto Dusun Dukunan. Ornamen ikan melambangkan bahwa Dusun Dukunan memiliki potensi budidaya perikanan, ornamen gapura menunjukkan gerbang masuk Dusun Dukunan, ornamen persawahan menunjukan potensi Dusun Dukunan dalam sumber daya alam, sedangkan ornamen motto Dusun Dukunan menunjukan harapan kedepannya perihal dusun tersebut.

dokpri

 "Dalam pembuatan mural tersebut terdapat motto Dusun Dukunan yaitu Kerta Raharja yang memiliki makna bahwa diharapkannya dusun tersebut memiliki tatanan kehidupan yang sejahtera lahir dan batin secara seimbang, serasi, adil, dan merata dengan potensi yang ada", imbuhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline