Lihat ke Halaman Asli

Susan Agustina Putri

Mahasiswa S1 - Pendidikan Sosiologi

Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Peran Pemuda Karang Taruna di Geger Kalong Girang, Sukasari, Bandung

Diperbarui: 29 April 2024   19:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi: pribadi 

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi yang dapat mengambil inisiatif dalam menangani permasalahan kepemudaan, karena Hidayatullah F. (2010) menyatakan bahwa "Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia dan merupakan wadah atau wadah untuk mengembangkan jiwa sosial generasi muda. Sehingga sesuai misinya, Karang Taruna dapat beradaptasi dan menyasar apa yang diinginkan generasi muda, sehingga mengarah pada perubahan perilaku positif melalui berbagai kegiatan.

Salah satu potensi masyarakat dalam mendukung proses pembangunan adalah tingginya partisipasi dan komitmen para pemimpin terhadap pekerjaannya serta hadirnya generasi muda yang sadar akan kedudukan dan perannya sebagai generasi penerus bangsa.

Pemuda merupakan aspek generasi harapan bangsa. Pemuda yang aktif dapat menunjang majunya pembangunan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Hal ini dapat menunjang generasi muda yang ideal sehingga dapat turut membangun cita-cita bangsa. Salah satu kelompok pemuda yang aktif diantaranya berada di Gang Geger Suni 1, Geger Kalong Girang, Kelurahan Geger Kalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pada tanggal 26 April 2024, kami selaku pelajar dari Universitas Pendidikan Indonesia yang mengemban ilmu pada bidang Pendidikan Sosiologi, berkesempatan untuk mewawancarai salah satu petinggi wilayah, yakni Umi yang merupakan mantan RW Geger Suni 1. Keterangan yang kami dapatkan bahwa kelompok pemuda yang berada di Geger Suni 1 sangat aktif untuk berpartisipasi dalam pembangunan wilayah. 

Hal ini dibuktikan dengan gelar pemuda wilayah paling aktif di Geger Kalong yang didapatkan oleh pemuda di Geger Suni 1. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi perangkat wilayah setempat atas aktifnya pemuda pemudi disana. Adapun beberapa informasi yang kami dapatkan mengenai peran pemuda pemudi Geger Suni 1 dalam membantu pembangunan wilayah Geger Suni 1.

Dokumentasi: pribadi

 

* Implementasi Nilai Gotong Royong Karang Taruna

Masa depan bangsa Indonesia sangat mempengaruhi watak, akhlak dan tanggung jawab seluruh generasi muda, karena generasi muda merupakan generasi penerus bangsa yang mempunyai peranan penting dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia.Menurut Mulyadi (2009: 4-5), fungsi dan misi utama karang taruna adalah wadah pemajuan seluruh generasi muda (termasuk pemberdayaan pemuda).

Peran karang taruna memiliki makna tersendirinya serta dapat membantu terciptanya kenyamanan desa dengan diadakannya kegiatan gotong royong membersihkan desa atau lingkungan tempat tinggal. Kegiatan rutin gotong royong yang dilakukan seluruh anggota karang taruna diadakan bersama dengan warga sekitar dan dilaksanakan satu bulan sekali. 

Kerja bakti yang selalu rutin dilakukan yaitu membersihkan jalan dari rumput-tumput yang tumbuh secara liar serta membersihkan saluran air atau selokan untuk menghindari terjadinya banjir ketika musim hujan sudah mulai datang. Selain dari itu, kegiatan yang sudah biasa mereka lakukan karena sudah terciptanya rasa tolong menolong yang tinggi yaitu membantu salah satu warga apabila sedang ada yang membangun rumah (biasanya warga menyebutnya dengan istilah Royongan).

Karang taruna merupakan tempat berhimpunnya para pemuda khususnya bagi remaja dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Pemuda karang taruna yang ada di Geger Suni salah satunya. Mereka adalah wujud para pemuda-pemudi yang mengimplementasikan rasa cinta tanah air mereka, semangat nasionalis mereka, dan kebanggaan mereka akan identitas sebagai pemuda-pemudi yang ada di daerah tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline