Lihat ke Halaman Asli

Siapa Bilang Orang Sunda Ga Bisa ngomong F (ef)?? *~*

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Masa  sih kebanyakan orang sunda ga bisamelafalkan  huruf F (ef) dan V (Ve)


Sepertinya memang sudah menjadi rahasia umum,  masyarakat dari daerah priangan 'sedikit'memiliki problem dalam melafalkan huruf ' F'. Mereka melafalkan huruf  'F' dengan bunyi 'P'. Apalagi jika huruf-huruf tersebut berurutan dalam satu kata atau kalimat, asli, ribet ngucapinnya.


Teman-teman yang kebetulan tinggal di tatar sunda atau yang pernahberjalan-jalan di daerah Prahiyangan, pernahkan memperhatikan tulisan-tulisandi jalanan? Entah itu iklan lah, nama rumah makan lah,,,coba deh perhatikan.Contoh yang sering ditemui:


' Terima serpispompa air'


'Pried Chicken'


'Jual Es Panta'


Dan lain-lainnya.


Kalau mengatasnamakan seluruhorang Sunda sepertinya kurang bijak juga, karena pasti banyak juga yang bisamelafalkan huruf F atau V dengan baik dan benar.  Jadi dalam hal ini, aku mau ambil contoh kasussaja. Diriku sendiri. Ya benar, aku orang sunda karena lahir, besar danbergaul  di tatar Parahiyangan, walaudarah yang mengalir ga sepenuhnya sunda, tapi asli, aku sunda banget, sunda bege te, apalagi dalam hal pelafalan huruf 'F' dan ' V' tadi, asli aku Sundabanget alias selalu berbunyi 'P'  hahaha,,,,.


Pada awalnya aku merasa bisa-bisaaja melafalkan kedua huruf tadi,,,setidaknya sampai  aku lulus kuliah, tidak ada yang protesdengan  cara pelafalan si F dan V tadi.Mungkin juga karena sampe lulus kuliah, lingkunganku masih yang sunda banget,jadi pelafalan F dan V kami sama. Sama-sama berbunyi P,,,hihihi,,,,.


Masuklah aku ke dunia kerja.


Di suatu pagi, klien kamimenelpon.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline