Lihat ke Halaman Asli

KKN Undip Sukses Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Silase Janggel Jagung untuk Masyarakat Dusun Joso

Diperbarui: 12 Agustus 2023   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembuatan silase janggel jagung/Dokpri

Dusun Joso, Wonogiri (22/7/ 2023) - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II UNDIP 2022/2023 telah sukses menyelenggarakan pelatihan pembuatan silase janggel jagung untuk masyarakat Dusun Joso. Acara yang berlangsung pada tanggal 22 Juli 2023, meruapakan inisiatif Mikhael Raymon sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat mengenai pembuatan silase janggel jagung sebagai alternatif pakan ternak dan sebagai bentuk jawaban dari permasalah limbah jagung yang berasal dari sektor pertanian.

Dalam pelatihan ini, masyarakat diajarkan langkah-langkah mulai dari persiapan bahan baku, teknik pengisian, hingga penyimpanan silase yang tepat. Mahasiswa KKN juga memberikan informasi mengenai manfaat penggunaan silase janggel jagung dalam meningkatkan produktivitas peternakan lokal. Masyarakat juga berpartisipasi dalam pembuatan silase janggel jagung ini.Setelah melakukan pelatihan pembuatan silase, mahasiswa juga menyediakan sesi tanya jawab yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi tambahan terkait pembuatan silase. 

Melalui program ini masyarakat mendapatkan manfaat cara mengolah limbah jagung menjadi alternatif pakan untuk ternak dan mendapat pelatihan serta ilmu cara pembuatan silase janggel jagung.

Program KKN TIM II UNDIP 2022/2023 Pelatihan pembuatan silase janggel jagung memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Dusun Joso dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan silase janggel jagung berkualitas tinggi, serta membantu meningkatkan kesejahteraan peternakan lokal dalam jangka panjang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline