Lihat ke Halaman Asli

CSIC UMY

Divisi Penalaran dan Kreatifitas Mahasiswa

Ciptakan Produk Tas, Mahasiswa UMY Kenalkan Cerita Rakyat Melalui Tote Bag

Diperbarui: 13 Oktober 2023   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tote Bag Cerita Rakyat, dok pribadi

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Kewirausahaan meluncurkan produk tas sebagai sarana memperkenalkan cerita rakyat pada anak.

Adapun tim PKM UMY tersebut merupakan salah satu dari 32 tim PKM yang lolos pendanaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari UMY. Tim PKM-K UMY ini terdiri dari empat orang yaitu Aulia Fitri Nur Azizah, Siti Nurlaela Putri, Devi Suci Wulandari, dan Khansa Zhafirah Puspaningrum yang keempatnya merupakan mahasiswa Program Studi Akuntansi dibawah bimbingan dosen pendamping Erni Suryandari Fathmaningrum, S.E., M.Si.

Keempat mahasiswa tersebut dalam program pendanaan PKM berhasil menciptakan sebuah produk tote bag berbahan dasar kain kanvas yang terdapat gambar dengan tema cerita rakyat dan peralatan untuk melukisnya. Cerita rakyat yang saat ini sudah mulai ditinggalkan divariasikan pada tas yang memiliki kegunaan dan banyak manfaat. Disamping itu, kids painting kit dapat melatih motorik, meningkatkan kreativitas dan melatih konsentrasi anak.

Oleh karena itu, tim PKM-K yang diketuai oleh Aulia tersebut menciptakan inovasi tas dengan gambar bertemakan cerita rakyat dan peralatan untuk melukis yang produknya diberi nama Cerita Rakyat Tote Bag Painting Kit.

"Produk Cerita Rakyat Tote Bag Painting Kit ini menjadi salah satu inovasi yang dapat melestarikan cerita rakyat kepada generasi selanjutnya dengan cara yang berbeda yaitu dengan cara melukis di tote bag dan juga sebagai sarana pembelajaran agar anak tidak selalu bergantung pada gadget yang marak di zaman sekarang.", ujar Aulia, ketua tim.

Kombinasi tote bag kanvas bertemakan cerita rakyat dengan peralatan melukis ini mampu untuk melatih daya sensorik dan motorik anak, melestarikan warisan budaya, serta sebagai sarana mendidik anak dalam memberikan contoh perilaku yang baik seperti yang ada pada cerita rakyat.

Dengan adanya inovasi ini, tim PKM-K berharap produk Cerita Rakyat Tote Bag Painting Kit dapat diterima dan dapat menjangkau masyarakat luas. Produk Cerita Rakyat Tote Bag Painting Kit juga diharapkan bisa menjadi inovasi produk tas di pasaran lokal yang berpotensi untuk dikembangkan. (AF)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline