Lihat ke Halaman Asli

Suryono

Penulis

Wayang Krucil Blora Siap Pentas di Jakarta

Diperbarui: 2 September 2024   09:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi


Blora,- Wayang Krucil Blora siap pentas di Jakarta, di ucapkan Maestro Dalang Wayang Krucil Blora, Ki Pasiran Pojokwatu pada, 2/9/2024.

Seperti yang diceritakan Maestro Dalang Wayang Krucil Blora, Ki Pasiran yang berasal dari Dukuh Delok Desa Pojokwatu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, saat dikonfirmasi media mengatakan, "Saya sangat siap tampil di Jakarta, Alhamdulillah saya sangat senang sekali mendengar kabar bahwa Wayang Krucil Blora mendapat undangan untuk pentas di Jakarta, dan nama saya juga tertulis didalamnya.

Bagaimana saya tidak senang, saat ini Seni Wayang Krucil Blora sudah hampir punah, untuk undangan pentas saja, saat ini hanya 1 tahun sekali, sudah sejak tahun 2022, kami pernah dijanjikan pentas di Pendopo Blora, sampai saat ini belum ada kabarnya.

Kenapa saya sangat siap tampil di Jakarta, karena saya suda pernah pentas 2 kali di luar Kabupaten Blora, yang ke-1, saat festival wayang internasional di Bali, dan yang ke-2 saat pentas dalam rangka penutupan acara hari wayang nasional di gedung pewayangan Kautaman TMII Jakarta.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora saat akan pentas di Jakarta, sudah dibantu untuk akomodasi pemberangkatan dan pemulangannya, berharap besar saat ini juga dibantu lagi, demi lestari ya Seni Wayang Krucil Blora, yang sudah ada sejak era Kerajaan Majapahit saat itu.

Kemarin tanggal 28/8/2024 sudah silaturahim ke Pemkab Blora, yang kemudian kami dipindahkan oleh asisten 1 ke Dinporabudpar Blora, sesampainya di sana, kami bersyukur, ditemui langsung Kepala Dindopabudpar Blora, dan ibu Widya Kepala Bidang Kebudayaanya, untuk menyampaikan permohonan bantuan biaya pentas di Jakarta, yang jawabannya akan diusahakan terlebih dahulu.

Terimakasih tidak lupa kami ucapkan kepada Ketua PANI Kabupaten Blora, Ketua PANI Kecamatan Banjarejo dan Tim Media yang selalu mendampingi saya, dan Sanggar Seni Wayang Krucil ISNAMUKTI, dalam turut serta membantu pelestarian Wayang Krucil Krucil Blora.

Sekalian mohon doa restu supaya ada rezeki untuk Wayang Krucil Blora dapat pentas di Jakarta njih... Matursuwun". Ungkapnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline