Lihat ke Halaman Asli

Suryono

Penulis

Si Tampan PPK ORMAWA HMJ TE, STT Ronggolawe Cepu di Desa Nglanjuk

Diperbarui: 18 Oktober 2023   19:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi


Blora, Si Tampan merupakan satu satunya tim dari Sekolah Tinggi Teknologi (STT)  Ronggolawe Cepu yang lolos seleksi pendanaan dari program penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan (PPK ORMAWA).

Anggota tim tersebut merupakan Mahasiswa dari Teknik Elektro dan Teknik Mesin yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJ TE) dengan 10 orang anggota, 8 orang dari Jurusan Teknik Elektro, dan 2 orang dari Teknik Mesin.

Pembukaan program ini, dilaksanakan, pada tanggal 20 Agustus 2023 di Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Kepala Desa Nglanjuk, Wiji, bersama tokoh dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Lastoni Wibowo, ST. MT, selaku Dosen Pendamping kepada media  pada tanggal, 18/10/2023 mengatakan, "Informasi terkait PPK ORMAWA, merupakan program yang digagas Kemendikbudristek RI untuk melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan kepemimpinan dan pemecahan masalah, terutama jika dihadapkan   pada permasalahan yang nyata di kehidupan bermasyarakat.

Tempat pelaksanaan program ini, di lokasi Pasar Tiban Desa Nglanjuk Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah, lebih tepatnya di area Kelompok Wanita Tani (KWT).

HMJ TE mengusung proposal dengan topik, Smart Farming/Pertanian Pintar, dengan judul proposal, 'Si Tampan (sistem taman pintar)', untuk Meningkatkan Produktivitas Sayuran Organik Pada Kelompok Wanita Tani di Desa Nglanjuk.

Si Tampan, adalah alat yang dapat mengontrol pompa untuk penyiraman tanaman dengan smartphone, dimana dan kapan saja, tanpa mempertimbangkan jarak.

Tujuan dari program ini yaitu, :
1. Menerapkan Smart Farming pada KET Desa Nglanjuk.
2. Meningkatkan efisiensi penggunaan waktu dan tenaga.
3. Mewujudkan KWT Desa Nglanjuk yang menerapkan metode pertanian cerdas berbasis teknologi, dan berusaha menawarkan solusi dari permasalahan tersebut". Ungkapnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline