Lihat ke Halaman Asli

Suryono

Penulis

Danramil Cepu Serahkan Barongan ke Ketua Singo Ronggo Putro

Diperbarui: 2 Oktober 2023   01:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Danramil Cepu Serahkan Barongan kepada Sanggar Singo Ronggo Putro di Expo Cepu 2023

Blora, Komandan Koramil  Cepu, Kapten Inf Surana, menyerahkan Barongan kepada Ketua Sanggar Seni Barongan Singo Ronggo Putro dari Desa Gadu Kecamatan Sambong Kabupaten Blora pada, 1/10/2023.

Dalam sambutannya, Kapten Inf Surana mengatakan, "Terimakasih kepada Pak Rofiq, Pak Nugroho, Mas Suryono dan Tim Barongan Singo Ronggo Putro, ini dalam rangka HUT TNI ke-78, semoga kebersamaan, TNI dengan rakyat, semakin dekat, yang kedua, kegiatan rangkaian HUT TNI, nanti tanggal 8/10/2023, ada kegiatan jalan sehat, dan sepeda santai, tepatnya di Tuk Buntung, tiketnya murah meriah, hanya 5 ribu, dan akan mendapat hadiah sepeda motor 2, sepeda mini, kulkas, mesin cuci, dan dourprize yang lain, kompor gas, jam dinding, dispenser, kipas angin, kurang lebih 40 sampai 50.

Silahkan yang belum beli, bisa langsung beli didepan juga yang jual tiket, serta di Koramil Cepu juga ada, dimeriahkan, siapa tau, dari tiket 5 ribu, bisa dapat motor... Amin.

Terima kasih, selamat menikmati Seni Barongan dari Singo Ronggo Putro, semoga terhibur, dan sekali lagi seni barongan adalah khas Blora". Ungkapnya.

Sementara itu, menurut Ketua Sanggar Seni Barongan Singo Ronggo Putro, Karji setelah pentas mengucapkan, "Saya sangat berterima kasih bapak, sudah diberi  kesempatan untuk ikut memeriahkan HUT TNI ke-78 ini, mudah mudahan tahun depan juga kami diundang lagi dan bisa menghubungi langsung saya di nomor 0882 0052 33322". Ucapnya

Sedangkan menurut Ketua Pasukan Adat Nusantara Indonesia (PANI) Provinsi Jawa Tengah, Suryono mengatakan, "Saya sangat bersyukur bisa ikut melestarikan budaya warisan leluhur, apalagi saya berjumpa dengan dua pemain Seni Barongan Singo Ronggo Putro, yang ternyata dulu pernah bersama saya saat Pentas di Kesultanan Kasepuhan Cirebon dalam acara FSK N(Forum Silaturahmi Kesultanan Nusantara) Tahun 2016, saya bangga melihat keadaan saat ini, dan salut karena terus ikut melestarikan seni ini,  memang saat itu, mereka ada yang bermain sebagai panjak, dan satunya sebagai pemain barongan, tapi saat pentas tadi, mereka berdua bisa memainkan reog Ponorogo yang lumayan berat bebannya, namun saat pentas, sudah dapat menguasai.

Saya juga sangat berterima kasih kepada Danramil Cepu yang bersedia hadir dan turut memberikan motifasi untuk pelestarian Seni Khas dari Kabupaten Blora ini, harapan saya tidak hanya di Expo Cepu saja, tetapi di acara lain juga dari TNI bisa mengundang Sanggar Seni Barongan Singo Ronggo Putro untuk pentas, seperti acara hari besar, atau penyambutan tamu atau lain lain". Pungkasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline