Lihat ke Halaman Asli

Suryo AgungWicaksono

Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung

Alasan Kuat Kenapa Kita Sebagai Mahasiswa Harus Menggunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar

Diperbarui: 9 Januari 2023   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Suryo Agung Wicaksono
Universitas Islam Sultan Agung
suryoagungwicaksono@gmail.com


Bahasa Indonesia itu penting untuk dipelajari diperguruan tinggi dikarenakan di universitas setiap mahasiswa berasal dari berbagai daerah Indonesia. Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya kita menghargai tanah air, salah satunya dengan menggunakan bahasa yang tepat.

Bahasa itu sendiri  merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan gagasan, pesan, dan informasi yang tertanam dalam pikiran, media penyampaiannya bisa melalui lisan atau tulisan. 

Saya sebagai mahasiswa tentunya sudah mempelajari bahasa Indonesia apalagi pelajaran ini sudah dikenalkan sejak kita mulai taman kanak- kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. 

Tujuan tersebut supaya bangsa Indonesia bisa berbahasa Indonesia, karena di Indonesia memiliki keberagaman suku, bangsa. serta bahasanya. Oleh karena itu kita menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa negara. 

Pada UUD 1945 menerangkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sangatlah kuat. Pasal 36 berbunyi, "Bahasa negara adalah bahasa Indonesia".

Dalam lingkup pendidikan kita sebagai  mahasiswa memiliki peran untuk menggunakan bahasa Indonesia yang tepat dan mengajak warga lain untuk menerapkannya. 

Bahasa indonesia memiliki banyak manfaat untuk kita sebagai mahasiswa salah satunya dalam penulisan artikel ilmiah, makalah, ataupun proposal. Kaidah penulisan yang digunakan haruslah sesuai dan tidak menyimpang dari EYD. Kaidah bahasa adalah peraturan dalam penggunaan bahasa, bunyi, dan pengucapan bahasa. Contoh kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan adalah menggunakan huruf kapital diawal kalimat. 

Kami sebagai penerus bangsa memiliki peran untuk menyebarluaskan pemakaian bahasa Indonesia yang tepat kemudian melestarikannya pada keturunan selanjutnya karena jika tidak ada yang meneruskan maka bahasa akan perlahan hilang tergantikan oleh bahasa-bahasa lain. 

Oleh karena itu bahasa Indonesia dijadikan mata pelajaran wajib di perguruan tinggi agar kami sebagai penerus bangsa tidak melupakan identitas bangsa. Bahasa Indonesia harus dijaga agar tidak tertutup oleh budaya dan bahasa asing. Zaman sekarang banyak yang melupakan penggunaan bahasa yang benar karena menurut mereka menggunakan bahasa luar (asing) lebih keren. 

Mempelajari bahasa luar (asing) tidak salah tetapi jangan sampai melupakan bahasa nasional, yaitu bahasa indonesia. Karena itu kita sebagai mahasiswa yang menjadi generasi selanjutnya harus menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dan tidak pernah melupakan identitas bangsa tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline