Lihat ke Halaman Asli

Suryanto

Obyek Takdir

Menerapkan PjBL dan Aplikasi Canva dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa Kelas VIIID SMPN 2 Karangdowo

Diperbarui: 13 Februari 2024   17:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Canva

A. Situasi Awal

Kondisi awal pemahaman berdasarkan interview teman sejawat dan observasi, diketahui bahwa motivasi belajar siswa dan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VIIID masih rendah terutama penggunaan generic structure dan language features. Dari sisi guru, kurang inovatif dalam penggunaan metode, model dan media pembalajaran. 

Sebagai mahasiswa PPG memandang permasalahan tersebut perlu adanya solusi yang efektif. Hal itu diperlukan untuk mendukung misinya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karenanya dibutuhkan metode, strategi, media pembelajaran yang bisa melibatkan siswa lebih aktif sehingga pemahaman siswa terhadap materi bisa meningkat. Tantangan yang ditemui di lapangan adalah pada motivasi siswa, penguasaan kosakata, serta pemahaman siswa terhadap materi menulis juga rendah. Guru kurang kreatif mengembangkan metode, model media pembelajaran yang menarik dan  variatif.

B. Pembahasan

Dalam pembelajaran, menyesuaikan syintak PjBl, yaitu: Orientasi masalah, mendesain perencanaan produk, membuat jadwal penyelesaian proyek, memonitor kemajuan penyelesaian projek, mempresentasikan dan menguji hasil penyelesaian proyek dan mengevaluasi dan refleksi proses dan hasil proyek. 

Strategi yang digunakan diantaranya menerapkan model PjBl dan menggunakan aplikasi Canva sebagai media untuk membuat projek dan menyiapkan LKPD sesuai materi. Proses pelaksanaannya meliputi mempersiapkan siswa  untuk mengikuti proses pembelajaran, menyiapkan seluruh media dan peralatan yang diperlukan, menerapkan model PjBL dan aplikasi Canva, serta melakukan evaluasi dan refleksi.

1. Sumber daya/materi 

  • Guru harus memahami model PjBL dan penggunaan aplikasi Canva
  • Materi Bahasa Inggris kelas VIII Unit 3 That's an Amazing Story
  • Teks Naratif tentang Cerita Rakyat
  • Video Pembelajaran Legenda Rakyat

2. Pihak yang terlibat: 

  • Siswa kelas VIIID
  • Teman Sejawat
  • Waka Kurikulum

3. Refleksi Hasil dan dampak

Dampak dari tindakan yang dilakukan adalah meningkatnya motivasi siswa dan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah berdasarkan keterampilan menulis teks naratif seperti merencanakan dan mengorganisir alur cerita seperti orientasi, perkembangan plot, puncak, dan resolusi.

4. Efektivitas Hasil

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline