Lihat ke Halaman Asli

Program Makan Gratis pada Jumat Berkah di Masjid Al Istiqomah

Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jumat Berkah Program Makan Gratis (dokpri)

Hari Jumat di Minggu pertama bulan Agustus sedikit berbeda dengan biasanya. Anak laki-laki yang sudah diwajibkan melaksanakan shalat Jum'at berdatangan ke masjid Al Istiqomah yang berada Dusun Cilimbangan Desa Naluk. Sudah menjadi tradisi di kampung saya, setiap hari Jum'at selalu ada yang memberikan sedekah berupa  makanan dan minuman yang dibagikan setelah selesai jumatan 

Selaku khatib dan ketua DKM masjid Al Istiqomah, bapak H. Hilman Subaat menyampaikan dalam khutbah Jum'at bahwa kita harus meningkatkan takwa setiap harinya, dalam artian takwa yang sebenarnya. Sebagai seorang muslim jangan sampai meninggalkan ibadah, baik itu orang kaya, sedang kesusahan atau orang yang sedang sakit. Sangat dianjurkan setiap hari, tidak memandang dilakukan pada hari-hari tertentu saja untuk melakukan sedekah. Namun ada dalil yang menyatakan bahwa, keutamaan sedekah dihari Jumat sama dengan bersedekah pada bulan Ramadhan. 

Di kampung, Jumat Berkah dikelola oleh ketua RT masing-masing. Lewat konsep gotong royong, warga menyumbangkan berbagai makanan dan minuman ada juga yang menyumbang berupa uang. Kemudian memasak nasi dan lauk pauknya. Anak kecil paling duluan kalau diberikan Jumat berkah. Ibu-ibu membagikan nasi bungkus satu persatu pada jamaah Jumat yang keluar dari masjid. 

Semoga tradisi Jumat berkah dapat dilestarikan sebagai sarana saling berbagi dan rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline