Lihat ke Halaman Asli

Belajar di Laboratorium Jadi Kesukaan Para Murid

Diperbarui: 5 Agustus 2024   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Murid sedang menghaluskan nasi dan tempe (dokpri)

Hari Senin jadi pembelajaran IPA yang sangat menyenangkan bagi para murid, karena saat ini para murid akan belajar di laboratorium. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan kali ini yaitu menguji kandungan nutrisi dalam makanan. Murid duduk berdasarkan kelompok yang sudah disepakati. Kemudian mengenalkan alat dan bahan yang akan digunakan. Ada beberapa alat yang baru diketahui murid dan asing bagi murid. Seperti larutan lugol, larutan biuret, mortar dan pipet tetes serta cawan tetes. 

Setelah mengenalkan alat dan bahan, guru mendemonstrasikan langkah kerja yang akan dilakukan. Mulai dari menumbuk bahan makanan yang dibawa murid. Ada nasi dan tempe yang murid bawa. Untuk menghaluskan nasi dan tempe dilakukan dengan mortar yang berbeda. Dilangkahi kerja ini, murid perempuan begitu semangat mengerjakannya. Setelah menghaluskan semua bahan makanan, sekarang bagian laki-laki yang akan menuangkan larutan bahan makanan menggunakan pipet tetes pada cawan tetes. 

Menuangkan larutan pada cawan tetes (dokpri)

Kemudian siswa mengamati warna awal dari larutan nasi dan tempe yang sudah diteteskan pada cawan tetes. Untuk menguji kandungan amilum, masing-masing bahan makanan ditetesi larutan lugol/ iodin. Kemudian amati perubahan warnanya. 

Untuk menguji kandungan protein, masing-masing larutan bahan makanan diteteskan Reagen biuret. Kemudian amati perubahan warnanya. 

Hasil pengamatan uji nutrisi (dokpri)

Hasil yang didapatkan setelah larutan bahan makanan ditetesi lugol adalah larutan nasi berubah jadi berwarna biru tua dan tempe masih berwarna kuning. Sedangkan setelah ditetesi larutan biuret nasi jadi berwarna hijau dan tempe jadi warna ungu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline