Lihat ke Halaman Asli

Antara Cireng, Bala-Bala, dan Inovasi

Diperbarui: 27 Juli 2024   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suasana dirumah makan (sumber:dokpri)

Cireng merupakan makanan populer khas Sunda. Semua daerah ditatar Pasundan pasti mengenal jenis makanan ini. Cireng akronim dari Aci Digoreng. 

Bahan utama membuat cireng yaitu dari tepung tapioka (Aci) yang berasal singkong ditambah garam lalu diadonan dan digoreng menggunakan minyak panas. 

Jadilah cireng seperi yang saya nikmati hari ini disebuah kantin sekolah. Sungguh sangat sederhana dan mudah membuat cireng. Asal mula cireng belum ada bukti tertulis darimana asalnya, namun cireng mulai populer pada tahun 1970-1980 sebagai jajanan para pelajar.

Jauh sebelum itu, nenek moyang orang Sunda hanya tahu makan singkong saja sebagai makanan pokok pengganti nasi. Bahkan sampai dibuat tiwul dan direbus saja singkongnya atau dibakar. 

Apalagi menikmati singkong rebus ditemani kopi saat pagi hari tentunya nikmat sekali. Sambil ngeronda, tak luput dari singkong bakar. Begitulah zaman dahulu kala nenek moyang kita dalam memanfaatkan hasil alam.

Seiring dengan perkembangan zaman, naluri dasar manusia ingin menciptakan sesuatu yang baru, termasuk dalam dunia kuliner. 

Cireng yang dahulu hanya disajikan dengan cara digoreng dan bumbu yang minimalis. Kini, cireng dapat ditemukan dalam berbagai varian rasa dan isian. Mulai dari cireng isi daging ayam, sosis, kornet, bahkan sampai cireng pedas. Ditambah dengan saus asam manis atau saus pedas. 

Dan bentuknya pun beraneka ragam, seperti cireng bulat, kotak, dan cireng pastel. Harganya pun menyesuaikan dengan inovasi yang diberikan penjual cireng, dari mulai 1000 rupiah sampai 10.000 rupiah per satuannya. 

Pada awalnya cireng dapat ditemukan di pedagang kaki lima yang mangkal di pinggir jalan. Sekarang telah merambah ke restoran mewah di hotel bintang lima sekalipun. Penjualannya pun sekarang sudah berbasis online delivery, diantarkan langsung oleh penjual dalam paket mentahan yang siap digoreng.

Demikianlah, inovasi cireng dari masa lalu sampai masa kini. Saya meyakini, fenomena cireng yang begitu populer sebagai makanan camilan tidak akan berhenti sampai disini. Akan ada lagi inovasi terbaru dari para koki ahli dengan berbagai varian rasa dan bumbu tambahannya. Sehingga, cireng jadi naik kelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline