Lihat ke Halaman Asli

Hobipreneur: Dari Hobi Jadi Cuan

Diperbarui: 25 Juli 2024   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hobipreneur (diolah dari Canva)

Setiap orang memiliki kesenangannya masing-masing, baik itu orang tua, muda dan anak-anak. Ada juga yang belum menemukan hobinya. Bagaimana cara menemukan hobi? 

Ingat kembali masa kecil, mungkin saat kecil yang dilakukan bersama teman beriman di dasari oleh rasa senang dan gembira. Seperti olahraga, games tradisional atau bermain dihalaman rumah. Hal seperti ini bisa dilakukan berkali-kali saat kecil dulu. 

Perhatikan minat, sesuatu hal yang dilakukan dengan rasa gembira menunjukkan itulah hobi. Apa yang sering dilakukan? Membaca, menulis, olahraga, ngoprek, atau berjualan. Semuanya dapat ditelusuri sejak dini. 

Mencari komunitas, tentu bial berada pada lingkungan yang tepat akan mendukung semua hal yang dilakukan. Kita tidak sendirian dalam melakukan hobi yang di minati. Carilah komunitas yang sama dengan hobi. 

Tentunya sangat menyenangkan, bila hobi dan minat bisa menghasilkan cuan. Seperti dari hobi menulis, selain bersedekah melalui tulisan. Kita juga dapat menghasilkan uang dari menulis. Mulai dari mempromosikan produk lewat blog atau website dan mendapat undangan sebagai narasumber di berbagai komunitas. 

Bisa dibayangkan apabila hidup tanpa hobi. Kehidupannya akan monoton dan menjenuhkan, tidak ada sarana untuk menyalurkan kesenangan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline