Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Mengajar di Sekolah Dasar

Diperbarui: 27 Oktober 2017   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sungguh sangat menyenangkan, ketika sedang mengajar di kelas karena ada interaksi komunikasi antara guru dan siswa. Dari tahun ke tahun setiap pergantian tahun ajaran banyak sekali perbedaan yang menarik dari siswa. Ada saja tingkah lakunya dari mereka yang sangat lucu, baik itu ketika mengajar di kelas bawah maupun di kelas atas.

Saya mempunyai pengalaman yang mungkin tidak akan saya lupakan sampai nanti dan akan di ingat terus. Perlu diketahui bahwa di sekolah saya ada seorang guru komputer bernama Gema, anak-anak biasa memanggil pak Gema. Adapun pengalaman yang saya hadapi dan rasakan itu ketika mengajar di kelas atas. Pada suatu hari saya mengajar pelajaran IPA tentang bunyi, pada pokok bahasan bunyi itu ada pula yang di sebut dengan gema dan gaung. Seperti biasa KBM berlanagsung terjadi tanya jawab antara guru dan siswa.

Ketika suatu hari saya mengadakan ulangan harian dan membuat soal pertanyaan. Salah satu pertanyaan dari pelajaran IPA itu ada soal "1. Apa yang di sebut dengan gema?" ulangan telah berlangsung dan sampailah waktu untuk memeriksa hasil ulangan harian itu, ketika sedang memeriksa hasil ulangan harian itu siswa diantaranya yang menjawab bahwa "gema itu adalah bapak komputer!" sambil memeriksa saya tertawa sendiri dengan jawaban itu. Itulah pengalaman saya selama menjadi guru, entahlah apa yang ada di pikiran anak tersebut pada saat itu.

Oleh : RILLIA AFIANTINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline