Lihat ke Halaman Asli

Suryan Nuloh Al Raniri

Pendidik, Penulis dan Pembicara

Ayoo Berwisata ke Bendungan Sadawarna Surian

Diperbarui: 26 April 2023   11:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bendungan Sadawarna (dokpri) 

Surian, yaa itulah nama sebuah kecamatan di sebelah barat kabupaten Sumedang yang berbatasan dengan 2 kabupaten, yaitu Subang dan Indramayu. Semenjak bulan Desember 2022, nama Surian sering muncul di beranda mesin pencarian (search engine) seperti google. Hal ini disebabkan oleh adanya sebuah bendungan yang diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Bendungan Sadawarna namanya. Merupakan sebuah kebanggaan bagi warga Surian, tatkala daerahnya dikunjungi oleh orang no satu di Indonesia. 

Setelah berjalan kurang lebih 4 bulan semenjak diresmikan, bendungan Sadawarna seolah-olah menjadi magnet tersendiri bagi warga sekitar. Ada warga yang memanfaatkannya untuk memancing ikan, berlayar, dan memproduksi perahu. 

Pemandangan Indah di Bendungan Sadawarna Surian (dokpri) 

Akhir-akhir ini, setelah lebaran tentunya dijadikan destinasi wisata baru. Pemandangan yang indah dengan hamparan air jernih. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan akses jalan yang bagus, pemerintah kabupaten Sumedang, sudah melihat ke arah sana. Bendungan Sadawarna akan menjadi daerah wisata baru di kabupaten Sumedang. Selain itu warga juga sudah mulai berkoordinasi untuk membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sehingga kedepannya bendungan Sadawarna ini menjadi pendapatan asli daerah (PAD) yang menjanjikan. 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline