Lihat ke Halaman Asli

Suryan Nuloh Al Raniri

Pendidik, Penulis dan Pembicara

Mudik Jadi Asik Lewat Tol Cisumdawu

Diperbarui: 25 April 2023   05:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GTO Ujung Jaya Utama (foto:Suryan) 

Perjalanan yang lancar dan cepat sampai tujuan merupakan dambaan bagi setiap pemudik. Hal inilah yang dirasakan pada lebaran 1444 H oleh pemudik dari arah Bandung ke Cirebon dan Jaw Tengah atau sebaliknya. Setelah dibukanya akses tol Cisumdawu seksi 1-6, perjalanan mudik jadi lebih cepat. Meskipun dari seksi 4 -6 masih diberlakukan sistem one way. 

Seperti saya alami, biasanya kalau mudik ke Subang memerlukan waktu 3 jam. Sekarang hanya 2 jam saja. Masuk jalan Tol  Cisumdawu dari GTO Cimalaka, ambil arah kiri ke Cipali. Walaupun masih banyak pemandangan alat berat dipinggir jalan tol. 

Fungsional seksi 4-6 ini sangat membantu pemudik. Dari GTO Cimalaka sampai GTO Ujung Jaya Utama hanya 20 menit dengan menjalankan kendaraan yang kecepatannya 60 km/jam. 

Para pengemudi harap hati-hati, karena jalan masih ada pengalihan rute dan ada yang belum rata. Kontur jalan hampir semuanya di beton. Hanya jembatan saja yang aspal hitam. Selain itu, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang menawan, kokohnya gunung tampomas menjulang tinggi dari kejauhan terlihat jelas di sepanjang jalan Cisumdawu. Keluar dari GTO Ujung Jaya Utama siap-siap masuk Tol Cipali, segeralah ambil arah kiri ke Cikampek - Jakarta. Karena seksi 4-6 masih gratis, saya hanya bayar tol cipali saja sebesar 48 ribu. 

Masuk Tol Cisumdawu arah Sumedang (foto:Suryan) 

Untuk arus baliknya dari arah jakarta tidak bisa langsung ke kiri arah Sumedang, melainkan harus keluar dulu GTO Kertajati kemudian masuk lagi Tol Cipali, Hati-hati pintu masuknya ada palang 2,1 m. 


Itulah sekilas perjalanan mudik tahun ini, dengan di fungsionalkannya Tol Cisumdawu seksi 4-6, mudik jadi lancar dan cepat juga gratis. Terimakasih Bapak Jusuf Hamka




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline