Lihat ke Halaman Asli

Suryan Nuloh Al Raniri

Pendidik, Penulis dan Pembicara

Ramadan ke-1: Masjid Dipenuhi Jamaah Tarawih

Diperbarui: 23 Maret 2023   17:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Meskipun sidang isbat masih berlangsung yang ditayangkan di televisi, warga sudah bersiap-siap untuk pergi ke masjid. Mereka memastikan bahwa awal Ramadan adalah pada tanggal 23 Maret 2023. Jarum jam tepat menunjukkan pukul 19.00 WIB, bedug dari masjid sudah mulai terdengar. ini menandakan ada anak-anak yang menabuhnya. Maklumlah anak begitu senang saat menunggu datangnya adzan shalat isya untuk menabuh terlebih dahulu bedug dari kulit sapi. Para jamaah sudah mulai berdatangan, tua-muda sampai anak kecil, tumpah ruah memadati pelataran masjid.

Begitu shalat akan ditunaikan, hawa panas begitu terasa di dalam masjid. Biasanya adem, sekarang menjadi agak panas. ada pengaruh jumlah orang dalam satu ruangan yang mengeluarkan karbondioksida.  Tak lupa pengurus masjid menyalakan kipas angin yang menempel di atap dan dindingpun kurang terasa pengaruhnya. Orang tua shafnya di depan, anak-anak shafnya di belakang. Ternyata hal ini membuat kumpulan anak yang sebaya menjadi kurang dapat diatur, mereka bercanda saat shalat tarawih. 

Walaupun jumlah rakaat tarawihnya mengambil yang 11 rakaat, para jamaah tetap tidak meninggalkan dari tempatnya sampai acara mushopahah (salaman) berakhir. Begitulah suasana masjid saat Ramadan hari ke-1 yang dipenuhi jamaah shalat tarawih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline