Lihat ke Halaman Asli

Suryan Nuloh Al Raniri

Pendidik, Penulis dan Pembicara

Pelayanan Prima KPP Sumedang Memadankan NIK dengan NPWP

Diperbarui: 22 Maret 2023   05:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

NPWP Baru (dokpri) 

Pagi buta benar, saya sudah diingatkan oleh alarm handphone yang sudah berdering begitu nyaring nya. Ternyata diingatkan bahwa ada salah satu urusan yang harus segera diselesaikan, yaitu : ke kantor pajak pratama Sumedang untuk mengubah data NPWP agar tersambung dengan NIK. 

Sambil mengantarkan putri saya ke sekolah, sampai di KPP Sumedang pukul 07.30 WIB. Setelah sampai disana, ternyata pintu kantornya masih tutup, saya bergegas menghampiri pos satpam, menanyakan kapan bukanya? Pak Satpam menjawab, "pukul 08.00 WIB, pak". Sambil menunggu jam 08.00, saya menghabiskan waktu meneruskan tulisan yang sempat tertunda kemarin. 

Tidak berapa lama, pak Satpam memanggil, agar segera berkumpul dekat pintu masuk. Karena paling duluan sampai kantor, saya mendapat nomor antrian ke 001 dan langsung duduk di hadapan petugas pelayanan pajak. Disana ditanyakan, apa yang bisa dibantu? Saya jawab, ingin merubah data pada NPWP agar sesuai KTP. Kemudian saya diarahkan untuk menunggu di antrian loket 3. Tak berapa lama, petugas loket 3, sudah memijit bel. Kepada no antrian 001,silakan ke loket 3.

Nomor Antrian KPP Sumedang (dokpri) 

Petugasnya menyapa dengan ramah, meskipun masih pakai jaket, karena baru datang. Saya diminta KTP dan NPWP asli, kemudian oleh petugas tersebut dicocokkan dan melihat SMS yang masuk ke nomor handphone. Setelah dicocokkan dengan e registrasi, karena ada pencetakan kartu NPWP dengan yang baru, saya diminta untuk mengusir formulir, yang dipandu, kolom mana saja yang harus diisi dan tentunya GRATIS, TIS. 

Hanya membutuhkan waktu 30 menit dari mulai masuk kantor pajak sampai dengan selesai mencetak kartu NPWP. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang prima bagi KPP Sumedang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline