Lihat ke Halaman Asli

Suryana Ependi

Belajar menjadi Guru

Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Diperbarui: 24 Agustus 2023   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan sedang membaca buku. sumber: Pixabay.libellule789

Pengertian Belajar 

Belajar merupakan kegiatan berproses dan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan, belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting.Belajar dilakukan untuk memproleh perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar bisa dilakukan di sekolah, rumah, museum, laboratorium, hutan, dan sebagainya. Belajar merupakan tindakan dan perilaku peserta didik yang kompleks. 

Sebagai tindakan, belajar hanya dialami oleh peserta didik dan akan menjadi penentu terjadi atau tidaknya proses belajar.

Dari pengertian di atas untuk lebih jelas tentang belajar, di bawah ini ada beberapa ahli pendidikan yang akan mengemukakan pengertian belajar. Menurut Vernoon S. Gerlach dan Donal P. Ely, "belajar adalah perubahan perilaku, sedangkan perilaku adalah tindakan yang dapat diamati atau hasil yang diakibatkan oleh tindakan atau beberapa tindakan yang dapat diamati" (Rusdiana dan Heryati, 2015:142).

Selanjutnya dikemukakan "belajar suatu proses interaksi antara diri manusia (id-ego-super ego) dengan lingkungan yang berwujud pribadi, fakta, konsep atau teori" (Afandi dkk., 2013:1). Selanjutnya dikemukakan "belajar adalah proses perubahan tingkah laku individu sebagai hasil dari pengalamannya dalam berinteraksi dengan lingkungan" (Rusman, 2016:134). Adapun Slameto mengemukakan "belajar adalah proses usaha yang dilakukan sesorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya" (Rusdiana dan Heryati, 2015:142).

Lebih lanjut, Abdillah mengemukakan bahwa "Belajar adalah usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan maupun pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu (Rusdiana dan Heryati, 2015:142).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. Perubahan tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga terbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, dan penyesuaian diri. Dengan demikian, belajar merupakan rangkaian kegiatan jiwa raga menuju perkembangan pribadi manusia seutuhnya.

Pengertian Pembelajaran

Pembelajaran sebagai bagian integral dari sistem kegiatan pendidikan, merupakan fenomena yang harus diperbaiki dan dikembangkan oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan. Hal ini menyangkut banyak hal seperti kurikulum, metode, media pembelajaran, materi pembelajaran, kualitas pendidikan, evaluasi pembelajaran, dan lain sebagainya sehingga tercipta suatu sistem pembelajaran yang baik dan berorientasi ke masa depan.

Dalam UU No. 20 tahun 2003 dijelaskan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu tingkatan belajar. Adapun dalam Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 Pasal 19 tentang standar proses dijelaskan proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline