Lihat ke Halaman Asli

Surya Maulana Putra

Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Universitas Jember

Serunya Belajara Sejarah, Implementasi Pengunaan Team Games Turnament

Diperbarui: 8 Desember 2023   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

pelajaran sejarah merupakan sebuah pembelajaran yang penting di pelejari. dengan belajar sejarah seseorang bisa belajar dari peristiwa-peristiwa yang telah berlalu. dan mengambil makna yang terkandung dalam peristiwa tersebut.

namun, pembelajaran sejarah dikesan oleh peserta didik menjadi pembelajaran yang membosankan. pembelajaran yang membosankan ini terjadi karena pembelajaran sejarah selalu terfokus kepada tenaga pendidik dan peserta didik kurang aktif dalam pembelaran. untuk meningkatkan pembelajaran sejarah yang menarik maka perlu mengkombinasikan pembelajaran dengan perkembangan teknologi di indonesia yang terus berkembang.

Untuk menjawab Perkembangan Teknologi di Indonesia semakin berkembang,perkembangan teknologi ini menjadi sebuah tantangan bagi pelaksanaan dunia pendidikan. Semakin kesini bisa dilihat bahwa didunia pendidikan perlu adanya inovasi dalam kegiatan belajar mengajar antara peserta didik dan tenaga pendidik, pada zaman sekarang pengajaran yang hanya tepusat pada Guru/ Tenaga Pendidik sudah tidak relevan digunakan, Tenaga Pendidik harus mencari inovasi guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan optimal dalam kegiatan mengajar.

Team Games Tournament Merupakan salah metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran sejarah yang fleksibel yang bisa diimplementasikan dengan mengunakan teknologi atau dengan mengunakan bahan yang lain. Bahkan model Team Games Tournament bisa meningkatkan minat belajar bagi siswa. Metode Pembelajaran Team Games Tournament adalah model pembelajaran kooperatif dimana mengunakan tournament akademik dalam implementasinya di pembelajaran. pengertian dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan dibentuk dalam kelompok yang memiliki kemampuan yang berbeda.

Dalam pembelajaran sejarah interaksi untuk diskusi sangat diperlukan. Siswa yang aktif dalam diskusi menjadikan pembelajaran tidak terfokus dalam satu subjek yaitu guru. Peran guru dalam pembelajaran sejarah adalah seorang pematik sekaligus meng evaluasi untuk meluruskan kebenaran hasil dari diskusi. Team Games Tournament memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dan siswa dapat belajar dengan ritme mereka dan belajar semaksimal mereka.

terdapat Team Games Turnament ada beberapa langkah untuk menciptakan pembelajaran yang menarik yaitu. Guru melakukan presentasi kelas dan menekankan apa yang dipelajari siswa sebelum model pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan agar para siswa memahami materi dan siap dalam mengikuti model pembelajaran. Presentasi yang dilakukan oleh guru, dilakukan secara singkat. Para siswa akan dibagi kedalam beberapa kelompok dengan anggota lima sampai enam orang Selanjutnnya guru akan mengarahkan peraturan permainan pada tiap tiap kelompok. Para siswa kemudian memastikan semua anggotanya mengerti mengenai materi yang diajarkan. Guru akan memberikan Quiz dan setiap kelompok berlomba-lomba untuk menjawab Quiz tersebut.

dengan demikian pembelajaran sejarah dengan mengunakan model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan semangat dalam belajar sejarah. siswa yang pasif akan terpantik oleh siswa lainya untuk menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline