Lihat ke Halaman Asli

surya atma

Universitas Negeri Malang

Siswa dan Siswi Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 15 Kota Malang Belajar Sila-sila Pancasila

Diperbarui: 26 November 2023   00:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pentingnya pendidikan pancasila menjadi fokus utama yang ditanamkan sejak dini pada Siswa dan Siswi Taman Kanak-Kanak Muslimat Nu 15 di kota Malang. Dengan Pendekatan yang ramah anak mahasiswa dari Universitas Negeri Malang turut berperan aktif dalam menyampaikan materi mengenai pancasila. Siswa dan Siswi senang dan aktif, mahasiswa Universitas Negeri Malang berhasil dalam menyampaikan materi yang diselingi dengan games membuat siswa dan siswi aktif dalam pembelajaran.

Pendidikan mengenai sila-sila Pancasila sangat penting bagi anak TK karena memberikan dasar-nilai yang kuat sejak dini. Berikut Sila-sila Pancasila : 

PERTAMA : Ketuhanan Yang Maha Esa

KEDUA : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

KETIGA:  Persatuan Indonesia

KEEMPAT : Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan atau Perwakilan

KELIMA :  Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Membentuk landasan moral dan etika yang esensial. Melalui pemahaman terhadap nilai-nilai ini, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya kejujuran, saling menghormati, bekerja sama, dan berkontribusi dalam masyarakat. Pendidikan Pancasila pada tingkat ini membantu membentuk karakter anak-anak sejak usia dini, menciptakan pondasi yang kuat untuk perkembangan moral dan sosial mereka di masa depan.

Langkah kreatif yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang  untuk meningkatkan pemahaman pancasila dan perkembangan kreativitas  di TK Muslimat Nu 15 dengan menggunakan Media gambar merupakan media yang mudah dipahami oleh anak-anak usia dini. Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai pancasila pada anak TK Muslimat Nu 15 sangatlah tepat karena gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang sederhana, murah, menarik minat anak.

Media Gambar yang digunakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang berupa Puzzle jadi langkah pertama yang dilakukan dibentuk kelompok yang beranggotakan 1-5 peserta penugasannya anggota tim kami menyiapkan sebuah Media Gambar yang berupa Gambar Burung Garuda yang kosong lalu tugas siswa untuk mengisi atau menyesuaikan dari lambang dari sila 1 sampai sila 5.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline