Lihat ke Halaman Asli

Perbedaan: Kecemasan dan Gangguan Kecemasan

Diperbarui: 6 Juni 2022   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pinterest/The Mighty

Kecemasan atau anxiety adalah perasaan khawatir dan takut yang biasanya terkait hal yang belum terjadi atau akan terjadi di masa depan. Yang perlu diperhatikan adalah semua manusia yang bernyawa pasti memiliki kecemasan. 

Kecemasan adalah respon natural manusia yang menyerang pemikiran, perasaan dan respon fisik seperti gemetar, keringat dingin dan mual. 

Jadi, misalnya Anda merasa takut, mual dan berkeringat dingin ketika menghadapi ujian skrispi, itu bukanlah sebuah gangguan mental. Melainkan hal itu menunjukkan bahwa Anda adalah manusia yang sehat, karena Anda masih mampu mengafirmasi perasaan-perasaan manusiawi seperti takut dan khawatir.

RED FLAG

Kapan kecemasan menjadi sebuah masalah dalam kesehatan mental? Setiap hal yang berlebihan pasti menjadi tidak baik. Kecemasan menjadi perlu diwaspadai ketika hal tersebut mempengaruhi kemampuan Anda untuk menjalani hidup sebagai manusia yang utuh. 

Misalnya kecemasan tersebut menguasai diri Anda dan tidak terkontrol sehingga Anda menghindari banyak situasi penting yang memungkinkan Anda cemas. 

Dan yang terjadi ketika Anda mengadapi ujian skripsi dan merasa cemas, Anda akan memilih untuk reschedule, berpura-pura atau melakukan berbagai hal untuk menghindari situasi tersebut. Jika penghindaran ini terus dilakukan, tentu akan membuat Anda stuck dan tidak bisa berkembang.

ANXIETY DISORDER

Gangguan mental yang berkaitan dengan kecemasan disebut anxiety disorder atau gangguan kecemasan. Menurut DSM-V (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder edisi 5) gangguan kecemasan diklasifikasi menjadi beberapa jenis gangguan kecemasan yang lebih spesifik. 

Kriteria dari masing-masing gangguan kesemasan bisa ditemukan di berbagai portal digital. Anda tidak akan temukan di artikel ini untuk menghindari self-diagnose atau diagnosa mandiri.

note: tolong hindari diagnosa mandiri dengan mencocokkan apa yang kita rasakan dengan apa yang kita temukan di dunia maya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline