Lihat ke Halaman Asli

Tips Menjadi Entrepreneur dan Memulai Usaha Sendiri

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

“Bekerja adalah perwujudan dari cinta. Jika Anda tidak bisa bekerja dengan cinta, tapi dengan benci, akan lebih baik bila Anda meninggalkan pekerjaan Anda, lalu duduk di muka kuil, menunggu sedekah dari orang-orang yang bekerja dengan penuh cinta.” KAHLIL GIBRAN

Mencari pekerjaan memang tidak mudah. Dengan semakin banyaknya jumlah pencari kerja dewasa ini, kegiatan mencari kerja bisa menjadi sebuah pekerjaan itu sendiri, dan mungkin akan menjadi salah satu pekerjaan terberat yang pernah dilakukan dalam hidup Anda. Tapi tidak usah takut! Teruslah berusaha dan berusaha lagi. Jangan pernah menyerah. Pastikan Anda mengikuti petunjuk berikut dengan baik, yaitu:

1) Pilihlah bidang pekerjaan yang Anda sukai! Anda harus tahu kemana arah dan tujuan karir Anda. Lihatlah orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Perhatikan, bagaimana kondisi mereka setelah bekerja selama lima, sepuluh, hingga dua puluh tahun di bidang tersebut. Apapun keadaan mereka, itulah gambaran diri Anda beberapa tahun mendatang. Jika menyenangi pekerjaan yang dilakukan, Anda akan mengerjakan semua tugas dengan baik, menikmati semua pekerjaan, dan pada akhirnya akan membuat Anda bertahan lebih lama dalam karir Anda.
2) Tingkatkan terus keterampilan yang dimiliki! Cari tahu keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk bidang pekerjaan pilihan Anda.

Sekarang, bagaimana jika setelah beberapa kali mencoba, Anda tidak kunjung mendapatkan pekerjaan? Bagaimana jika setelah sekian lama berusaha, pekerjaan ideal yang Anda harapkan belum juga terwujud? Apakah Anda harus berdiam diri? Menghabiskan waktu dalam menunggu dan menunggu tanpa ada kepastian kapan semuanya akan berakhir? Jawabannya tentu saja TIDAK. Bekerja di bidang pekerjaan yang kita minati adalah sesuatu yang ideal. Sama seperti halnya cinta, sesuatu yang ideal terkadang sulit diwujudkan. Itu sebabnya Anda harus mempunyai Plan B atau rencana kedua guna mengantisipasi jika hal itu sampai terjadi.

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1) Membuka lapangan kerja sendiri,
2) Mengubah pekerjaan biasa menjadi aktivitas menarik.

Kedua-duanya bisa dilakukan. Banyak orang besar yang berhasil dengan menerapkan kedua hal di atas. Bekerja adalah kegiatan positif. Sayangnya, masih banyak orang menyangka hal itu hanya dapat dilakukan di kantor atau perusahaan. Pendapat ini sama sekali tidak benar. Bekerja adalah aktivitas membangun dan produktif. Anda bisa bekerja kapan saja, dimana saja. Selama Anda mampu menghasilkan sesuatu yang positif dan produktif, dimanapun tempatnya, Anda sudah bekerja!

Satu hal yang harus diingat baik-baik adalah Anda TIDAK BOLEH berdiam diri begitu saja. Ingat, waktu terus berlalu, usia kian bertambah. Setiap hari, semakin banyak anak-anak muda baru yang masuk ke dunia kerja. Jadi, daripada menghabiskan waktu dalam menunggu dan menunggu lagi, mengapa tidak berusaha membuka lapangan kerja sendiri? Mengapa tidak mencoba berbagai jenis pekerjaan sambil menunggu pekerjaan ideal Anda tiba?
”Banyak anak-anak muda yang setelah sekali gagal mencoba langsung patah semangat dan merasa putus asa,” kata filosof besar Amerika, Ralph Waldo Emerson, ”Jika seorang anak muda tidak berhasil dalam usaha pertamanya, orang-orang akan langsung memvonisnya sebagai seorang yang gagal. Apabila seorang anak muda lulusan perguruan tinggi ternama di kota New York atau Boston tidak berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu setahun di salah satu kota besar di Amerika, orang-orang akan menganggap wajar jika ia merasa kecewa dan mengeluh sepanjang hidupnya. Sementara di kota lain, di kota kecil Vermont atau New Hampshire, ada anak muda lain. Ia mencoba berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari mengajar, mengelola koran lokal, terpilih sebagai anggota DPR, menjadi walikota, dan begitu seterusnya. Selama bertahun-tahun ia jatuh bangun dalam karirnya. Tapi, seperti kucing, ia selalu jatuh di atas kedua kakinya untuk kemudian bangkit kembali. Anak muda kedua ini jauh lebih unggul dari anak kota pertama. Ia tidak menunda hidupnya, tapi aktif menjalani hidupnya. Ia tidak hanya memperoleh satu kali kesempatan, tapi memiliki seratus kali kesempatan.”

MEMBUKA LAPANGAN KERJA SENDIRI
Kisah Nellie Speer. Setelah suaminya meninggal dan kedua anaknya tumbuh dewasa dan memiliki rumah sendiri, Nellie tinggal seorang diri di apartemen kecilnya di kota New York. Suatu hari, saat sedang menikmati es krim di sebuah cafe, Nellie melihat kalau cafe tersebut juga menjual kue pie dan aneka jajanan lainnya. Nellie bertanya kepada pemiliknya apakah ia bersedia membeli kue pie buatannya yang jauh lebih enak. Sang pemilik cafe langsung mengiyakan dan memesan dua buah. ”Meskipun pintar masak,” kata Nellie, ”saat masih tinggal di Georgia saya selalu ditemani pembantu, dan seumur-umur baru beberapa kali saja saya membuat kue pie sendiri.”
Setelah menerima pesanan tersebut, Nellie bertanya kepada tetangganya bagaimana cara membuat kue pie yang baik. Di luar dugaan, para pelanggan cafe ternyata menyukai kue pie buatan Nellie. Alhasil, pemilik cafe pun menaikkan pesanannya menjadi lima buah. Kemudian, banjir pesanan pun mulai berdatangan dari cafe dan restoran lain. Dalam dua tahun, Nellie telah memasak lima ribu kue pie per tahun dan meraup penghasilan bersih seribu dollar!

Sesudah itu, permintaan akan kue-kue buatannya terus meningkat sampai-sampai Nellie harus menyewa kios sendiri dan mempekerjakan dua orang pembantu. Para pelanggannya rela antri berjam-jam hanya untuk menikmati kue buatan Nellie.

Kisah Jerry Yang. Penemu mesin pencari Yahoo!, Jerry Yang, berhasil menjadi multi milyuner pada usia 30 tahun karena mau belajar dari pengalamannya. Setelah lulus sarjana, Yang berhasil mendapat beasiswa S2 pada jurusan Teknik Elektro Universitas Standford. Ketika keluarganya diterpa masalah keuangan, Yang terpaksa bekerja part time di berbagai macam perusahaan untuk membiayai kuliahnya. Salah satunya adalah menjadi penjaga perpustakaan. ”Di sanalah pertama kali saya belajar cara menyusun informasi secara sistematis,” kata Yang.

Setelah muncul era komputer dan Internet, pengetahuan yang diperoleh Yang saat bekerja di perpustakaan memberinya ide membuat situs pencari di Internet yang mampu menghimpun dan mengkategorisasi semua informasi di Web. Tujuannya agar orang-orang mudah menemukan apa yang dicari.
Idenya yang cemerlang tersebut mengantarkan Yang dan temannya, David Filo, menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline