Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Pendidikan Karakter pada Usia Dini

Diperbarui: 9 Mei 2017   22:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pendidikan adalah sangat penting di dunia ini, tapi tidak sering kita menyepelekan tentang pendidikan. Padahal pendidikan adalah salah satu hal yang dapat menjadi alat untuk merubah nasib seseorang di masa mendatang. Tapi kenapa di Negara tercinta kita ini, Negara Indonesia banyak sekali terjadi korupsi di mana-mana, baik di daerah maupun pusat. Misalnya saja para pejabat yang berpendidikan tinggi bahkan dari mereka ada yang mencari gelar pendidikan tersebut sampai ke luar Negeri sekalipun.

Apakah ada yang salah dengan pendidikan mereka? Mungkin mereka hanya memikirkan tentang pendidikan saja, tidak memikirkan akhalaq dan budi pekerti. Karena akhalq dan budi pekerti sama pentingnya di dalam kehidupan manusia serta dapat menuntun seseorang kearah yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat. Mungkin para koruptor selama ini, akhlaq dan budi pekerti mereka tidak digunakan dalam kehidupannya sehingga mereka masih saja melakukan korupsi hanya untuk memperkaya diri mereka sendiri. Padahal mereka di percaya masyarakat sepenuhnya untuk menjalankan amanah dari rakyat bukan hanya untuk memperkaya diri mereka.

Maka untuk mencegah korupsi yang semakin luas, salah satu yang harus dilakukan adalah dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Dengan tujuannya untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, warga msyarakat dan warga negara yang baik. (T. Ramli, 2003). Hal ini dapat kita mulai dari usia dini. Bahkan kita dapat mulai saat kita masih berada di sekolah, misalnya kita membeli makanan di kantin, pada waktu itu kantin sangat ramai sehingga penjaga kantin tersebut tidak tahu apa yang kita beli, jadi seharusnya kita harus jujur kepada penjaga kantin apa saja yang kita beli dan membayar sesuai harga makanan yang kita beli. Dengan adanya korupsi, pendidikan karakter dalam dunia pendidikan semakin buruk, maka negara ini perlu adanya pendidikan karakter. Pendidikan karakter sebaiknya dimulai dari keluarga karena keluarga merupakan faktor yang sangat penting membentuk anak menjadi yang lebih berkarakter. Pendidikan karakter bisa kita terapkan pada usia dini supaya anak-anak di Indonesia ini dapat membiasakan dirinya yang berakhlaq dan berbudi pekerti yang baik.

Di sekolah juga harus di tanamkan perilaku pada anak-anak penerus bangsa, diantaranya kejujuran. Kejujuran adalah salah satu hal yang sangat penting ditanamkan pada diri kita dan anak-anak penerus bangsa karena kejujuran adalah benteng dari semuanya agar terhindar dari korupsi dan suap menyuap. Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah ketidakadilan, seperti yang kita lihat selama ini banyak yang tidak adil di negara kita karena banyak hukum yang tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Hukum yang ada di negara tidak bisa berjalan dengan semestinya karena negara kita kurang tegas dalam mengambil sikap maupun tindakan. Tidak sesuai dengan harapan kita semua dengan hukum tebang pilih. Selain itu, kita juga harus tanamkan pilar karakter seperti halnya rasa hormat. Hormat kepada siapapun terutama kepada yang lebih tua dari kita, contohnya saat kita berada di sekolah, kita harus hormat kepada guru kita, kakak kelas, adek kelas, bahkan semua orang yang berada di lingkungan sekolah.

Rasa menghargai harus ada dalam diri setiap siswa agar tidak sering terjadi tawuran antar pelajar, seperti yang sering kita lihat selama ini di kota-kota besar. Padahal penyebab tawuran itu sendiri adalah masalah sepele, misalnya saja saling ejek terhadap siswa dan tawuran tersebut juga bisa merenggut korban jiwa. Padahal mereka adalah harapan penerus bangsa di masa depan. Maka pendidikan karakter sangat penting bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tidak hanya pintar saja tapi juga berakhlaq dan berbudi pekerti baik karena semua itu berguna bagi nusa dan bangsa dan terlebihnya untuk dirinya sendiri.

Bagi Indonesia sekarang ini melakukan pendidikan karakter itu sangat dilakukan. Dikarenakan apa? Karena negara kita sekarang sudah penuh dengan korupsi dan ketidakadilan yang seakan-akan sudah mendarah daging di negara tercinta ini. Jika generasi penerus kita yang akan datang tidak mempunyai pendidikan karakter yang lebih baik, maka negara kita ini lama kelamaan akan hancur dengan sendirinya, sehingga kita sebagai penerus bangsa perlu menanamkan pendidikan karakter sedini mungkin.

Dengan diterapkannya pendidikan karakter di sekolah-sekolah, semoga anak-anak tidak hanya cerdas tetapi mempunyai karakter yang berguna bagi negara kita ini. Karena kita semua berharap para penerus bangsa agar mempunyai sifat jujur, adil, dan hormat kepada siapapun. Untuk itu negara kita terhindar dari korupsi, ketidakadilan, dan kekerasan. Dan negara kita semakin menjadi negara yang beradab, bermoral, dan berpegang teguh terhadap karakter yang kuat dan semakin maju. Untuk itu mari kita semua menerapkan pendidikan karakter pada usia dini agar tenbentuk pendidikan yang berkarakter untuk memajukan negara kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline