Lihat ke Halaman Asli

Suripto

Mahasiswa

Jualan Mudah di Tiktok Shop

Diperbarui: 25 Desember 2024   13:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi informasi sangat mempengaruhi berbagai hal seperti komunikasi hingga informasi yang awalnya konvensional menjadi serba digital. Di era revolusi industri 5.0 dimana perkembangan teknologi begitu pesat banyak temuan yang memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas. Salah satu teknologi yang sering digunakan masyarakat saat ini yaitu aplikasi Tiktok yang menyediakan layanan media sosial dan disandingkan dengan E-Commerce.

Tiktok merupakan aplikasi yang menyediakan platform di bidang e-commerce yang bernama Tiktok Shop. Fitur social commerce ini memungkinkan pengguna tiktok untuk mempromosikan dan menjual produk secara langsung dan mudah melalui aplikasi Tiktok yang canggih. Berdasarkan riset KOMPAS.com pada Agustus 2024 sebanyak 157,6 juta orang menggunakan Tiktok Shop untuk menjajakan penjualan mereka. Tiktok Shop dirancang khusus untuk memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam memperluas pasar penjualan ke seluruh penjuru dunia menggunakan fitur belanja yang fleksibel. Fitur-fitur tersebut diantaranya, yaitu:

Aksesibilitas Tinggi

Kemudahan akses untuk menggunakan Tiktok Shop mudah dilakukan, cukup medownload aplikasi Tiktok dan mendaftar akun pribadi menjadi akun bisnis tanpa ada syarat minimal jumlah followers. Jadi setiap akun baru bisa mengakses Tiktok Shop sebagai platform penjualan.

Fitur-Fitur Unggul

Tiktok Shop menyedidakan berbagai fitur untuk mendukung penjualan agar lebih menarik pelanggan terhadap barang yang dijual, diantaranya Tiktok menyediakan fitur live streaming sehingga dapat memudahkan penjual dengan pembeli dalam berinteraksi, optimasi hashtag sebagai bentuk peningkatkan visibilitas produk dan target yang lebih spesifik, dan terdapat fitur analisis big data untuk menyajikan konten yang sesuai dengan preferensi konsumen, sehingga meningkatkan efektivitas periklanan dan penjualan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Strategi Pemasaran Efektif

Strategi pemasaran Tiktok Shop sangat menarik karena dapat dengan mudah menggunakan gambar atau video produk berkualitas tinggi dan deskripsi singkat namun informatif, yang lebih menarik lagi adalah Ketika banyak konten creator yang mulai mempromosikan produknya melalui sebuah konten yang menarik dan kreatif dengan sedikit bumbu gimmick komedi atau unsur lainnya sesuai dengan karakter masing-masing.

Dengan adanya fitur yang lengkap dan efektif dari Tiktok Shop dapat memudahkan para penjual dalam meningkatkan keuntungannya. Oleh karena itu, memulai karir dengan mudah melalui platform Tiktok Shop sebagai langkah awal menjadi entrepreneur yang sukses dengan memanfaatkan teknologi melalui konten yang menarik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline