Lihat ke Halaman Asli

Resume Pra II PKMJ Fisika

Diperbarui: 7 November 2015   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

            Acara Pra PKMJ ke-2 dilaksanakan hari ini, Sabtu, 7 November 2015. Diawali dengan registrasi pukul 07.30 WIB.

            Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Acara dibuka dengan pemberian tugas baru dan pemberitahuan persiapan bawaan untuk PKMJ ke-3. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok PKN (kelompok kerja nyata). Kami tergabung dengan kelompok 3 dan 5 menjadi 1 kelompok besar yaitu kelompok 2.

            Dilanjutkan dengan materi 1 “ Mekanisme Pemilu” oleh Kak Annisa. Pemilihan umum, merupakan proses untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. serta jabatan-jabatan yan didudukipun beraka ragam, mulai dari presiden, wakil presiden, gubernur dan lain-lain. Pemilu terjadi karena tidak adanya sebuah kesepakatan yang didapatkan dari musyawarah sehingga jalan terbaiknya adalah melalui voting. Dalam pemilu yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta pada dasarnya bagian dari pendidikan politik dengan segala macam atribut dan efeknya. Universitas merupakan laboratorium pemilu yang dilakukan dalam lab bernama organisasi pemerintahan mahasiswa. KPU didalam UNJ ini terbagi menjadi 3 yaitu , KPU Pusat , KPU Fakultas dan KPU Jurusan. Didalam Kpu terdapat beberapa jabatan yaitu ada Ketua , Sekretaris, Bendahara, Adhum (administrasi hukum), Acara ( meneyemarakan acara pemilu), Logistik (Menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pemilu), humas (mengumpulkan suara). DKPP , terdiri dari Ketua BEM , Ketua MTM, Mahasiswa Umum. Dalam proses pemilu yang ada di UNJ hampir sam dengan pemilu yang diadakan oleh pemilihan umum seperti biasanya.

Kemudian dilanjutkan dengan kumpul kelompok besar(kelompok 2) bersama fasil yaitu Kak Pipit. Pada pertemuan dengan kelompok besar ini membahas tentang program kerja kelompok ketika acara PKMJ berlangsung. Kelompok kami mendapat bagian kesma yang bertugas nantinya untuk kesejahteraan masyarakat. Kami akan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

            Setelah itu dilanjutkan lagi dengan materi tentang “SOP Administrasi” oleh Kak Amira dan Kak Farah. Materi ini membahas mengenai surat-menyurat, proposal, laporan rencana kegiatan, dll.

            Selanjutnya masuk pada materi “Mekanisme Sidang” oleh Kak Rina dari BLMJ Fisika. Materi ini membahas macam-macam sidang, yaitu Sidang Pleno ( untuk mendengarkan laporan kerja 3 bulan sekali , secara tertutup), Sidang Umum ( Badan ekseskutif dan legislative , ditetapkan hasil akhirnya ), Alat kelengakapan persidangan meliputi : pimpinan sidang yang berjumlah ganjil, peserta sidang,  notulen , palu dan bantalan palu , berkas-berkas atau risalah persidangan ( agenda , tartib siding , draft dan konsideran), dll. Termasuk melakukan simulasi sidang.

            ISOMA selama 35 menit, setelah itu dilanjutkan dengan materi “ Manajemen Organisasi dan Event Organizer” oleh Kak Bagus Tito. Seorang pemimpin yang baik harus mampu mengatur teman-temannya, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang peka terhadap sesamanya dan mau turun tangan dalam membantu teman-temannya. Setelah itu kumpul bersama fasil kelompok kecil (kelompok 4), ada pengarahan sedikit. Lalu ditutup dan acara Pra PKMJ ke-2 selesai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline