Lihat ke Halaman Asli

Surachman jaya

Surachman jaya

Pisang yang Sangat Menjanjikan Sekali

Diperbarui: 23 September 2019   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Pisang adalah tanaman yang tidak asing kita dengar mengenai buah yang satu ini banyak yang menyukainya maupun di makan langsung atau di olah menjadi makanan maupun minuman yang beragam macam. pisang ternyata kaya akan dengan vitamin c yang sangat menyehatkan untuk tubuh kita.

Tanaman yang satu ini hampir bisa hidup di semua lahan atau lingkungan dengan penanamnya sangat mudah dan perwatanya tidak terlalu sulit. Oleh karna itu banyak yang suka menanam pohon pisang untuk di konsumsi sendiri atu di jual ke pasar tradisional.ternyata pohon pisang memiliki macam-macam jenis loe kawan kawan contohnya ada pisang raja,raja bulu,kepoh,mas,ambon,nangka dan masih banyak lagi.

Seperti yang saya tanam saat ini jenis pisang raja bulu. Saya memanfatkan lahan yang kosong dan tidak pernah di tanamni dari pada tidak di gunakan saya manfatkan saja sekali belajar menjadi petani pisang.

Jadi petani itu ternyata menyenakan loe kawan kita bisa menanam tanaman yang kita inginkan hanya sekedar untuk di komsumsi sendiri juga bisa untuk dijual rumayan lah untu uang jajan atau tambh uang saku untuk mengisi waktu luang.

 Kita kembali ke topik tadi saya memanfatkan lahan kosong yang luasnya sekitar 1 hektar saya tanamin pohon pisang sebanyak kurang lebih 100 pohon.

Saya mulainya menanam pisang sehak 2 tahun lalu yaitu 2017 dan sekarang sudah melakukan. panen berkali kali saya memanenya setiap hari / tangalan jawa yaitu 5 hari sekali pada tangal pasaran jawa yaitu hari wage Dan saya menjualnya langsung kepasar terkadang juga ada pembeli yang datang menemui saya untuk membeli langsung.

Kadang ada yang membeli dari saya untuk di jual lagi dan ada yang untuk pernikahan adat jawa. setiap sekali panen saya mendapatkan uang 500 rb kadang bisa 1 juta sekali panen. Lumayan lah untuk uang jajan bisa. Di bayangi kalo sebulan bisa brapa kalo tahun bisa brapa waow mengiyuarkan bukan. Mau ikut mencoba ?. di bawah ini akan saya beritahu cara penanaman yang praktis dan mudah

1. Menyiapkan lahan

  • Bersihkan lahan dari tnaman gulma 
  • Siapkan lubang yang akan di tanami pisang dengan ukuran 50x50x50 cm
  • Beri jarak antara lubang dengan jara 2x2 meter atau 4x4 meter
  • Beri pupuk kadang di dalam lubang secukupnya lalu diamkan selama 2 hari

2. Memilih bibit

  • Pilih bibit dari anak / bongol pisang yang sehat dan bagus
  • Ambil bibit pisang dari peranakan pohon pisang yang sudah di panen dan yang buahnya sehat dan banyak

3. Cara menanamnya

  • Setiap lubang beri satu bibit saja
  • Tutup lubang dengan tahan yang telah bercampur pupuk tadi
  • Siram dengan air  secukupnya ke bibit pisang
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline