Lihat ke Halaman Asli

Prosedur Pemberian Kredit di Koperasi Mahesa

Diperbarui: 11 April 2023   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kegiatan magang dilaksanakan kurang lebih tiga bulan, dimulai dari tanggal 01 Oktober s/d 31 Desember 2022 penulis melaksanakan magang di Koperasi Simpan Pinjam Mahesa, yang dilakukan penulis selama kegiatan magang adalah di bagian Staff Administrasi yang didalamnya meliputi kegiatan bagian seluruh administasi dan juga saya sering mengikuti keegiatan kunjungan kantor di luar kota.
Aktivitas magang yang saya lakukan antara lain :
Mencatat Nasabah Baru, Penulis di beri kepercayaan untuk mencatat nasabah baru dari mantri di pindahkan ke database.
Mencatat laporan pembayaraan nasabah, Penulis di beri kepercayaan untuk mencatat pembayaraan masuk  dari nasabah.
Membuat target penagihan, Penulis belajar cara membuat target penagihan bersama staf admin yang nantinya akan di berikan kepada mantri setiap wilayahnya masing masing
Sirkulasi perputaran uang, Penulis Belajar bagaimana cara Sirkulasi perputaran uang di Koperasi Mahesa.
Selain Aktivitas Magang, ada 7 aspek yang saya dapat sesuai dengan mata kuliah di kelas magang  yaitu :
Mata kuliah Kemampuan Berkomunikasi : Komunikasi sangatlah penting di ruang lingkup kerja, saya belajar di mata kuliah kemampuan berkomunikasi yang baik terhadap karyawan dan atasan baik secara Komunikasi Verbal maupun Komunikasi Non verbal
Mata kuliah Kreativitas : sesuai dengan mata kuliah ini saya jadi paham bagaimana kreativitas jika di tempat kerja.
Mata kuliah Kemampuan Administrasi : Adminitrasi di suatu tempat kerja sangatlah penting, maka dari itu saya banyak belajar untuk adminitasi yang baik.
Mata kuliah Kemampuan Bekerjasama : hasil yang saya capai sesuai dengan mata kuliah ini, di tempat magang saya kerja sama team sangatlah penting.
Mata kuliah Kepemimpinan : hasil yang saya capai sesuai dengan mata kuliah ini, saya jadi belajar bagaimana seorang pempinan dan bagaimana kita mengambil keputusan.
Mata kuliah Kemampuan Merumuskan Masalah Teknis : Hasil yang di capai, saya jadi mengerti bagaimana masalah yang terjadi di koperasi mahesa.
Mata kuliah Kemampuhan Menyelesaikan Masalah Teknis : Hasil yang di capai, ketika sudah merumuskan masalah saya juga harus mencari solusi untuk masalahnya.
Itulah hasil yang saya dapat dari setiap mata kuliah magang, selain itu saya juga melakukan kunjungan luar kota, hasil dari kunjungan luar kota saya bisa mendapatkan ilmu bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, lalu berkenalan dengan karyawan di sana. Kegiatan kunjungan kantor diluar kota yang saya lakukan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline