AKSI NYATA MODUL 2.2
REFLEKSI PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIOANAL
OLEH: SUPRIYATIN
CGP ANGKATAN 9 KABUPATEN BANTUL
Berikut adalah pertanyaan panduan yang dapat Bapak/Ibu gunakan:
- Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut? (Peristiwa)
- Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)
- Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)
- Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
- Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)
REFLEKSI PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIOANAL MENGGUNAKAN KERANGKA 4p
PERISTIWA
- Pada pembelajaran sosial dan emosional saya mendapatkan berbagai referensi praktik baik kompetensi sosial dan emosional pada ruang kolaborasi bersama fasilitator, pengajar praktik dan sesama calon guru penggerak lainnya.
PERASAAN
- Saya merasa senang dan bersemangat saat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi KSE bersama murid-murid di kelas. Saya paham betul bahwa suatu pembelajaran hendaknya harus memenuhi kebutuhan belajar murid. Perlunya penerapan Teknik STOP dan pemberian penguatan pada murid-murid dalam kegiatan pembelajaran. Tentunya hal ini sangat membantu murid-murid dalam merilekskan pikiran, memfokuskan tujuan, dan menambah motivasi belajar.
PEMBELAJARAN
- Hal yang bermanfaat pada modul pembelajaran ini yaitu pada setiap alur M-E-R-D-E-K-A memberikan inspirasi dan motivasi untuk bisa melaksanakan kegiatan pembelajaran yang yang aman, nyaman, menyenangkan, berpusat pada murid, kreatif dan inovatif.
- Umpan balik yang saya dapatkan adalah kebahagiaan pada murid-murid di setiap proses pembelajaran.
PENERAPAN
- Rencana ke depan yang ingin saya tingkatkan agar pengalaman ini berdampak luas yaitu berbagi praktik baik kepada rekan sejawat di sekolah tentang pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi kompetensi sosial emosional.